Penulis Utama : Ressyana Nur Evitasari
NIM / NIP : I0110095
×

Universitas Sebelas Maret sedang melakukan pembenahan untuk mengatasi permasalahan parkir pengguna mobil dan dalam renstra green campus UNS direncanakan membatasi jumlah kendaraan bermotor yang digunakan dalam kampus, dan kebijakan untuk mengurangi lahan/area parkir di kampus diharapkan akan mendorong civitas akademika akan beralih ke penggunaan kampus. Penelitian ini mengalisis potensi penggunaan sistem RFID untuk parkir di kawasan kampus UNS guna membatasi jumlah kendaraan bermotor.  Data jumlah lahan parkir didapatkan dari survey inventarisasi parkir dan kebutuhan parkir didapat dari data sekunder yang dilakukan penelitian sebelumnya. Survey invenetarisasi parkir di bagi menjadi 7 zona yaitu zona A, zona B, zona C, zona D, zona E, zona F dan zona G.Data potensi dan rekomendasi parkir sistem RFID di dapat adari penyebaran kuesioner di kawasan UNS. Jumlah persebaran kuesioner di bagi perfakultas di kawasan UNS. Dari pengumpulan data dan analisis di dapat jumlah Satuan Ruang Parkir (SRP) yang tersedia di kawasan UNS sejumlah 1398 mobil, sedangkan kebutuhan parkir di kawasan UNS tertinggi adalah 860 mobil. Berdasarkan data tersebut pada dasarnya jumlah area parkir untuk kebutuhan parkir di kawasan UNS cukup. Untuk potensi pemakaian sistem RFID di kawasan UNS 91% menyatakan setuju terhadap sistem RFID. Responden tersebut terdiri dari 57% laki-laki, dengan 50% usia terbanyak pemakai usia 18-27 tahun dan frekuensi parkir dalam seminggu terbanyak adalah 5 kali dalam seminggu. 
Untuk rekomendasi operasional sistem parkir RFID adalah : 
a. Jika dosen / karyawan lupa membawa kartu tag (smard card) tetapi kendaran bermotor sudah tercatat adalah menggunkan kartu sementara. 
b. Jika seseorang dosen / karyawan membawa kartu tag (smard card) tetapi kendaran bermotor belum tercatat adalah memebayar. 
c. Mahasiswa tahun berapakah yang boleh melakukan pencatatan kendaran dan mempunyai Tag (Smard card) adalah tidak diperbolehkan membawa mobil. 
d. Jika mahasiswa lupa membawa kartu tag (smard card) tetapi kendaran bermotor sudah tercatat adalah membayar atau menggunakan kartu sementara. 
e. Jika seseorang mahasiswa membawa kartu tag (smard card) tetapi kendaran bermotor belum tercatat adalah tidak diperbolehkan masuk. 
f. Jika tamu undangan (dibuktikan dengan undangan) masuk Kawasan UNS adalah menggunkan kartu sementara. 
g. Jika bukan tamu undangan (tidak mempunyai bukti undangan) masuk kawasan UNS adalah membayar 
viii 

Kata kunci: Satuan Ruang Parkir, Inventarisasi Parkir, Kebutuhan Parkir, Sistem RFID.

×
Penulis Utama : Ressyana Nur Evitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0110095
Tahun : 2017
Judul : Potensi Penerapan Sistem Rfid Mobil di Kawasan Kampus Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0110095-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Handayani, ST, MT
2. Ir. Agus Sumarsono, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.