Penulis Utama : Yenny Sundari
NIM / NIP : H0813176
×

ABSTRAK

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia penghasil minyak kelapa sawit. Bagian daging buah kelapa sawit menghasilkan minyak kelapa sawit mentah yang diolah menjadi bahan baku industri, salah satunya minyak goreng. Industri minyak goreng sawit di Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan bermerek. Namun pemerintah telah mengeluarkan larangan peredaran minyak goreng curah pada tahun 2015, sehingga potensi pasar minyak goreng kemasan semakin terbuka lebar. Minyak goreng Bimoli yang diproduksi oleh PT. Salim Ivomas Pratama Tbk merupakan penguasa di pangsa pasar minyak goreng sawit kemasan bermerek di Indonesia dan telah diikuti lahirnya produk sejenis di pasaran. Tetapi Top Brand Index (TBI) minyak goreng Bimoli mengalami fluktuasi bahkan cenderung penurunan dari tahun 2012 hingga tahun 2016. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti dengan mengetahui faktor internal dan bauran pemasaran minyak goreng Bimoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang diduga dipertimbangkan dan variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk minyak goreng Bimoli di pasar swalayan Kabupaten Wonogiri. Metode dasar dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement sampling, dimana peneliti berada di tempat penelitian untuk melakukan wawancara dengan alat bantu kuesioner. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang responden. Analisis faktor menggunakan data yang berasal dari pendapat responden terhadap 24 variabel produk minyak goreng Bimoli yang diamati.
Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa ada 7 faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk minyak goreng Bimoli di pasar swalayan Kabupaten Wonogiri. Ketujuh faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor produk (19,510%), faktor individu (10,340%), faktor promosi (9,018%), faktor kemasan (8,592%), faktor proses (6,684%), faktor tempat (6,359%), faktor psikologis (5,260%). Variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk minyak goreng Bimoli di pasar swalayan Kabupaten Wonogiri berdasarkan besarnya nilai factor loading adalah variabel kejernihan (0,859) pada faktor produk, variabel tingkat penghasilan (0,766) pada faktor individu, variabel tampilan iklan (0,765) pada faktor promosi, variabel gambar dan warna kemasan (0,762) pada faktor kemasan, variabel pelayanan (0,749) pada faktor proses, variabel kenyamanan (0,850) pada faktor tempat, dan variabel keyakinan (0,857) pada faktor psikologis.
Saran yang dapat diberikan adalah produsen dapat menerapkan strategi di lini produk dengan menjaga kualitas bahan dan teknologi pengolahan sehingga kualitas kejernihan minyak goreng tetap terjaga, memberikan promo potongan harga setiap periode waktu tertentu, menyajikan bukti survei konsumen bahwa produk minyak goreng Bimoli merupakan produk yang paling disukai, mencantumkan keterangan vitamin A, omega 9, dan omega 6 di tampilan depan kemasan, menambah karyawan atau pramuniaga khusus dari pihak minyak goreng Bimoli di setiap swalayan, menambahkan outlet atau kotak tersendiri dengan desain yang menarik untuk menempatkan produk minyak goreng Bimoli, dan mencantumkan label Top Brand Award di setiap jenis kemasannya.

 

×
Penulis Utama : Yenny Sundari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813176
Tahun : 2017
Judul : Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian minyak goreng bimoli di pasar swalayan Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agribisnis-H0813176-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mohd. Harisudin, M.Si
2. Ir. Agustono, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.