Penulis Utama : Nur Kholifah
NIM / NIP : K2513051
×

ABSTRAK

Nur  Kholifah.  K2513051.  PENGARUH  VARIASI  DIAMETER  NOZZLE DAN HEAD TERHADAP HASIL OUTPUT DAYA TURBIN PELTON. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017.

Tenaga  listrik  di  Indonesia  sebagian besar masih  menggunakan  energi fosil, dimana dampak dari penggunaan energi fosil adalah menghasilkan emisi gas buang yang cukup besar. Tenaga air merupakan sumber energi terbarukan ramah lingkungan   yang   memiliki   potensi   besar,   namun   pemanfaatannya   belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variasi head dan diameter nozzle terhadap daya listrik yang dihasilkan turbin Pelton. Penelitian ini menggunakan mikrohidro jenis turbin Pelton dengan jumlah sudu 22 buah. Generator yang digunakan adalah tipe PMG 200 Watt dengan sistem transmisi pulley 1 : 2.

Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan memvariasikan head dan diameter nozzle. Variabel yang diambil dalam penelitian ini adalah variasi head, variasi diameter nozzle, dan daya listrik yang dihasilkan turbin Pelton. Variasi Head yang digunakan adalah 1,6 m, 2,6 m, 3,6 m, dan 4,6 m, sedangkan variasi diameter nozzle   yang digunakan adalah 5 mm, 7 mm, 9 mm, dan 11 mm.   Alat ukur pengujian menggunakan tachometer, flowmeter, ampere dan voltmeter digital.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya yang dihasilkan turbin Pelton berbanding lurus dengan head yang digunakan. Sedangkan untuk variasi nozzle daya  turbin  mengalami  kenaikan  secara  linier  dengan  peningkatan  sampai diameter nozzle 9 mm, tetapi kemudian terjadi penurunan pada diameter nozzle 11 mm. Variasi head 4,6 m dengan nozzle berdiameter 9 mm menghasilkan daya listrik terbesar yakni 16,89 watt pada keluaran debit air 0,88 x 10-3 m3/s dengan putaran generator 320 rpm. Upaya peningkatan daya listrik suatu turbin Pelton dapat diperoleh dari head, diameter nozzle, sistem transmisi, dan generator.

×
Penulis Utama : Nur Kholifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513051
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Variasi Diameter Nozzle Dan Head Terhadap Hasil Output Daya Turbin Pelton
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-K2513051-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, ST., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.