Penulis Utama : Patrisius Martinus
NIM / NIP : K2513096
×

ABSTRAK

Patrisius Martinus. K2513096. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL SISWA PADA MATA  PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TMA SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017.

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas X TMA pada pembelajaran Gambar Teknik di SMK Bhinneka Karya Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Think Pair and Share.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  yang dilaksanakan dalam dua siklus. Alur penelitian tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah

39 siswa kelas X TMA SMK Bhinneka Karya Surakarta. Pengumpulan data dilakukan  dengan  metode  observasi,  dokumentasi,  dan  tes.  Metode-metode tersebut digunakan untuk kepentingan triangulasi teknik sebagai uji validitas data. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif.

 

Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya  peningkatan  pada  hasil  belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat pada masing-masing penilaian, yaitu hasil belajar kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (keterampilan). Hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 58,97% menjadi 63,88% pada siklus 1dan pada siklus 2 sebesar 86,11% siswa mampu mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hasil belajar afektif siswa meningkat dari 48,71% menjadi 72,22% pada siklus 1 dan pada siklus 2 sebesar 88,89% siswa yang mencapai KKM. Hasil belajar psikomotorik meningkat pula dari 56,41% menjadi 61,11% pada siklus 1 dan pada siklus 2 sebesar 83,33% siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share pada pembelajaran Gambar Teknik dapat meningkatkan hasil belajar  ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas X TMA SMK Bhinneka Karya Surakarta dengan ketercapaian indikator keberhasilan lebih dari 80?ri keseluruhan siswa telah mencapai KKM untuk setiap jenis hasil belajar.

×
Penulis Utama : Patrisius Martinus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513096
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Tma Smk Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2513096-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Harjanto, S.T., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.