Penulis Utama : Wiwit Yuliana Dewi
NIM / NIP : K7113234
×

ABSTRAK

Wiwit Yuliana Dewi. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PULIHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. 

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017, (2) meningkatkan pembelajaran pecahan melalui penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dilaksanakan selama 3 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017, berjumlah 25 siswa. Sumber data yaitu siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) tumbuhkan dengan media konkret, (b) alami dengan media konkret, (c) namai dengan media konkret, (d) demonstrasikan dengan media konkret, (e) ulangi dengan media konkret, dan (f) rayakan dengan media konkret, (2) penerapan model Quantum Teaching dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran pecahan pada siswa kelas IV SD N 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Terbukti dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) =70 pada siklus I =82%, siklus II =86%, dan siklus III =90%, (3) kendala dalam penelitian ini, yaitu: (a) guru kurang membimbing siswa saat pengulangan materi, (b) siswa kurang fokus menggunakan media konkret, dan (c) siswa gaduh saat perayaan. Solusinya yaitu: (a) guru mendampingi siswa mengulang materi, (b) siswa dibimbing menggunakan media konkret, dan (c) siswa dibimbing untuk membuat perayaan dengan wajar dan tidak bermain-main.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD N 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017

×
Penulis Utama : Wiwit Yuliana Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113234
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Puliharjo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-K7113234-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.