Penulis Utama : Nurul Falah
NIM / NIP : K7113166
×

ABSTRAK

Nurul Falah. PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN  HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model TGT dengan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun datar sederhana melalui model TGT dengan media konkret; dan (3) menguraikan kendala dan solusi dari penerapan model TGT dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun datar sederhana pada siswa kelas III SDN 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan lima pertemuan, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu 21 siswa kelas III SDN 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa kelas III. Teknik  dan alat pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa lembar tes dan non-tes berupa observasi (lembar observasi) dan wawancara (pedoman wawancara). Validitas data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif untuk penerapan model TGT melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan analisis kuantitatif untuk hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model TGT dengan media konkret terdiri dari enam langkah, yaitu: pengenalan media konkret, penyampaian materi dengan media konkret, belajar kelompok (team) dengan media konkret, pelaksanaan games tournament, penghargaan kelompok dan kesimpulan dengan media konkret; (2) penerapan model TGT dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun datar sederhana pada siswa kelas III SDN 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017 yang terbukti adanya peningkatan hasil belajar setelah dilakukan tindakan, siklus I ketuntasan siswa mencapai 71,4% dan meningkat menjadi 83,3% pada siklus II; (3) kendala dari penerapan model TGT dengan media konkret, yaitu: 1) siswa kurang fokus memperhatikan penjelasan guru, 2) siswa tidak berdiskusi dengan baik sehingga pekerjaan kelompok tidak selesai tepat waktu, 3) siswa kurang tertib saat melaksanakan kegiatan turnamen, dan 4) siswa belum berani bertanya tentang materi yang belum dipahami. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: 1) guru memfokuskan perhatian siswa dan mengingatkan siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, 2) guru lebih memotivasi dan mengarahkan siswa agar berdiskusi dengan baik dan memperhatikan alokasi waktu, 3) guru sebaiknya memantau dan membimbing siswa secara menyeluruh saat kegiatan games tournament berlangsung, dan 4) guru lebih memotivasi dan memberikan penghargaan pada siswa yang berani bertanya agar siswa lebih aktif bertanya tentang materi yang telah dipelajari.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model TGT dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun datar sederhana pada siswa kelas III SDN 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017

×
Penulis Utama : Nurul Falah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113166
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Sifat-Sifat Bangun Datar Sederhana Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 1 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-K7113166-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.