Penulis Utama : Sri Wahyuni Samaratul Zanah
NIM / NIP : S111408013
×

ABSTRAK

Sri Wahyuni Samaratul Zanah. S111408013. 2017. Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam Kumpulan Jokes “The God  Loves  Golfers”  Karya  Ray  Foley. Pembimbing I:  Prof.  Dr. Djatmika, M.A. Pembimbing II: Dr. Tri Wiratno, M.A. Minat Utama Linguistik Deskriptif, Program Studi S2 Linguistik, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Penelitian  ini  menganalisis  kumpulan  jokes  berbahasa  Inggris.  Pendekatan  yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis wacana. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penanda kohesi gramatikal dalam teks jokes karya Ray Foley, (2) mendeskripsikan penanda kohesi leksikal dalam teks jokes karya Ray Foley, (3) menjelaskan peran kohesi gramatikal dan leksikal dalam penyampaian isi jokes kepada pembaca.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah dokumen. Sumber data yang didapat dari dokumen berupa teks bacaan yang terdapat di dalam kumpulan jokes berbahasa Inggris. Data penelitian ini berupa teks bacaan dari kumpulan jokes berbahasa Inggris karya Ray Foley.

Dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa teks bacaan bergenre jokes karya Ray Foley ini merupakan sebuah wacana yang padu karena didukung oleh suatu penanda kohesi. Dalam wacana ini ditemukan empat penanda kohesi gramatikal, yaitu 38 referensi, 2 Substitusi, 1 ellipsis dan 8 konjungsi. Selanjutnya, ditemukan juga penanda kohesi leksikal, yaitu 211 repetisi,

3 sinonimi, 8 antonimi, 1 hiponimi dan 8 kolokasi. Kohesi gramatikal yang paling dominan dalam teks jokes berbahasa Inggris karya Ray Foley yang berjudul the God Loves Golfers adalah penggunaan kohesi gramatikal referensi, sedangkan kohesi leksikal yang paling dominan adalah repetisi atau pengulangan. Penanda kohesi tersebut memiliki peran dalam memunculkan alur cerita pada isi teks jokes karya Ray Foley.

×
Penulis Utama : Sri Wahyuni Samaratul Zanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111408013
Tahun : 2017
Judul : Kohesi Gramatikal Dan Leksikal Dalam Kumpulan Jokes “The God Loves Golfers” Karya Ray Foley
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Linguistik (Deskriptif)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Linguistik-S111408013-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Djatmika, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.