Penulis Utama : Novita Astry Ani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415043
Tahun : 2019
Judul : Rumah Sakit Dokter Scheurer Klaten Tahun 1927 – 1942
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Budaya-B0415043-2019
Subyek : RUMAH SAKIT ZENDING, LAYANAN KESEHATAN, KLATEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai Rumah Sakit Dr. Scheurer di Klaten dengan rumusan masalah: (1) Latar belakang pendirian Rumah Sakit Dr. Scheurer Klaten tahun 1927 (2) Layanan kesehatan Rumah Sakit Dr. Scheurer Klaten tahun 1927-1942  dan  (3)  Layanan  sosial  keagamaan  di  Rumah Sakit  Dr. Scheurer Klaten tahun 1927-1942.
Penelitian ini merupakan penelitian historis dengan langkah-langkah yang dilakukan yaitu   Heuristik,   Kritik   Sumber,   Interpretasi   dan   Historiografi. Heuristik atau pengumpulan sumber yaitu pengumpulan sumber primer berupa dokumen peninggalan pemerintah Hindia Belanda yaitu antara lain: Staatsblaad van Nederland Indie, koran-koran sejaman yang berkaitan dengan zending dan rumah sakit zending seperti koran Algemeen Handelsblad dan Leeuwarder Nieuwsblad, serta sumber sekunder yang didapatkan dari buku, jurnal, dan penelitian  terdahulu  yang  berkaitan.  Metode  selanjutnya  yaitu  Kritik  Sumber intern ataupun extern. Kritik sumber digunakan untuk tahap menganalisis atau menyeleksi keaslian sumber yang digunakan. Kemudian tahap Interpretasi untuk menyatukan  fakta  berdasarkan  kronologi  peristiwa  dan  terakhir  Historiografi yaitu penulisan cerita sejarah.
Hasil analisis sumber-sumber yang diperoleh dapat dikatakan bahwa kebijakan Politik Etis merupakan awal mula adanya gagasan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat pribumi. Hal tersebut membuat zending ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat pribumi dengan jalan pendidikan dan kesehatan. Peningkatan pelayanan kesehatan dimulai dengan berdirinya banyak rumah sakit salah satunya adalah  Rumah Sakit Dr. Scheurer Klaten tahun 1927. Berkembangnya pelayanan kesehatan mendapatkan dukungan dari pemerintah dengan diberikannya subsidi kesehatan. Manajemen rumah sakit zending yang non profit oriented dan tidak memandang status sosial membuat banyak masyarakat pribumi yang datang untuk berobat. Biaya pengobatan yang rendah dan  bahkan  gratis  juga  meringankan  pasien.  Pengabaran  Injil  lewat  jalan kesehatan cukup sukses dijalankan oleh zending.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Rumah Sakit Dr. Scheurer merupakan salah satu rumah sakit zending di Jawa Tengah yang cukup diperhitungkan oleh masyarakat. Pengobatan yang mematok harga rendah bahkan tidak memungut biaya meringankan beban masyarakat tidak mampu. Selain memberikan layanan kesehatan, rumah sakit tersebut juga menjalankan misi keagamannya yaitu mengabarkan Injil kepada masyarakat. Seiring berjalannya waktu, rumah sakit tersebut terus mengalami perkembangan sarana dan prasarana.

Kata Kunci : Rumah Sakit Zending, Layanan Kesehatan, Klaten

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M. Pd.
2. Drs. Supariadi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya