Penulis Utama : Ilham Rohman Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861602021
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kasepuhan Ciptagelar Melalui PJBL Dan VCT Untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa SMA Negeri Di Kota Sukabumi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Progdi. Magister Ilmu Sejarah-S861602021-2018
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH, KEARIFAN LOKAL, MASYARAKAT KASEPUHAN CIPTAGELAR, PJBL, VCT, SOLIDARITAS SOSIAL.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Ilham Rohman Ramadhan. 2018. Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kasepuhan Ciptagelar melalui PjBL dan VCT untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa SMA Negeri di Kota Sukabumi. Tesis. Pembimbing: (i) Dr. Djono, M. Pd, (ii) Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd. Magister Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan model pembelajaran yang selama ini digunakan dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri Kota Sukabumi; (2) mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kasepuhan Ciptagelar melalui PjBL dan VCT untuk meningkatkan solidaritas sosial siswa, (3) menguji efektivitas dari penerapan model pembelajaran sejarah nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kasepuhan Ciptagelar melalui PjBL dan VCT pada siswa SMA Negeri di Kota Sukabumi.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan desain pengembangan Borg and Gall yang langkah-langkahnya telah disesuaikan kebutuhan peneliti. Pertama, tahap studi pendahuluan atau 1) penelitian dan pengumpulan data. Kedua, tahap pengembangan model, meliputi enam kegiatan: 2) perencanaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk hasil uji lapangan. Ketiga, tahap evaluasi model, meliputi tiga kegiatan: 8) uji coba pelaksanaan, 9) revisi produk akhir, 10) diseminasi dan implementasi.
Hasil penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran sejarah yang digunakan di SMA Negeri Kota Sukabumi masih menggunakan model konvensional yang belum sesuai dengan paradigma konstruktivisme dalam kurikulum 2013. (2) pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kasepuhan Ciptagelar melalui PjBL dan VCT didasarkan pada pemecahan masalah dan nilai-nilai solidaritas sosial yang mengarahkan siswa untuk aktif pada proses pembelajaran, (3) keefektifan model pembelajaran sejarah nilai- nilai kearifan lokal masyarakat Kasepuhan Ciptagelar melalui PjBL dan VCT dalam pembelajaran sejarah berhasil meningkatkan prestasi dan solidaritas sosial siswa. Hal ini ditujukan dengan uji independent test diperoleh 8,517 dengan taraf signifikansi 0,00. Sedangkan pada uji efektifitas sikap dengan uji independent test diperoleh 4,137 dengan taraf signifikansi 0,00. Taraf signifikansi 0,00 < 0>

kata kunci: model pembelajaran sejarah, kearifan lokal, masyarakat Kasepuhan
Ciptagelar, PjBL, VCT, solidaritas sosial.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd
2. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana