Penulis Utama : Hastaning Bagus Panggalih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113044
Tahun : 2018
Judul : Collaborative Governance Dalam Program Generasi Berencana Di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Progdi. Administrasi Negara-D0113044-2018
Subyek : COLLABORATIVE GOVERNANCE, REMAJA, GENERASI BERENCANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Hastaning Bagus Panggalih. D0113044. Collaborative Governance dalam Program Generasi Berencana di Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2018.

Permasalahan remaja perlu mendapat perhatian yang serius dari berbagai pihak. Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah yang sudah melaksanakan  program   Generasi  Berencana  untuk  mengatasi  permasalahan remaja. Untuk pelaksanaan program ini, melibatkan pihak pemerintah dan non pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kolaborasi yang dilakukan antar  stakeholders  dalam  program  Generasi  Berencana  di  Kabupaten Karanganyar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Kabupaten Karanganyar dengan menggunakan teknik penentuan informan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode artinya data yang sejenis akan lebih mantap kebenarannya bila digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda. Dengan demikian, data yang diperoleh dari teknik pengumpulan data yang satu, bisa lebih teruji kebenarannya bilamana dibandingkan dengan data sejenis yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari  hasil  penelitian  dapat  diketahui  bahwa kolaborasi  dalam  program Generasi Berencana sudah berjalan dengan baik. Namun, masih ada kekurangan yaitu belum adanya kesepakatan tertulis dari para stakeholders. Kolaborasi yang terjalin melibatakan pihak pemerintah dan non pemerintah yaitu masyarakat. Keberhasilan kolaborasi dapat terjadi karena adanya komitmen, tanggung jawab dan kepercayaan masing-masing stakeholders.

Kata kunci : collaborative governance, remaja, Generasi Berencana

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarmo, M.A., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP