Penulis Utama : Krisna Cahyantika
NIM / NIP : F3516037
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana PT TASPEN (PERSERO) KC Surakarta dalam menangani komplain atau keluhan yang diajukan oleh peserta. Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa, PT TASPEN (PERSERO) KC Surakarta harus mampu menangani komplain dari peserta untuk meningkatkan kualitas pelayanan, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan meningkatkan citra positif perusahaan di mata masyarakat khususnya bagi para Pegawai Negeri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yaitu teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan gambaran objek yang diteliti dengan pengamatan mendalam. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara.
Dari penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa PT TASPEN (PERSERO) KC Surakarta telah memberikan banyak alternatif dalam menampung komplain atau keluhan dari peserta dan tindak lanjut yang dilakukan oleh pihak perusahaan terhadap komplain yang masuk bisa dilayani dengan baik dan tidak memakan waktu yang lama. Selain itu, perusahaan akan menjadikan komplain yang masuk sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan perusahaan.
Saran yang disampaikan penulis adalah memberikan sosialisasi terkait pelaporan komplain dengan beberapa alternatif, meningkatkan pelayanan dalam menanggapi komplain dan karyawan harus dapat menjelaskan solusi permasalahan dengan baik dan mudah dimengerti peserta.
Kata kunci: Komplain, penanganan komplain

 

×
Penulis Utama : Krisna Cahyantika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3516037
Tahun : 2019
Judul : Menangani komplain peserta pada PT Taspen (Persero) Kc Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Diploma III Manajemen Bisnis-F3516037-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Heru Purnomo M.M.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.