Penulis Utama : Ernandha Okta Afaf Plantacidha
NIM / NIP : F3116014
×

ABSTRAK

M+R SPEDAG GROUP memiliki customer dengan 2 kategori yaitu Nominasi dan Freehand.  Customer nominasi adalah customer yang membuat “deal” dengan ketentuan rate dari agent M+R sedangkan customer Freehand membuat “deal” dengan sales marketing di Negara asal shipper dan dengan harga dari sales M+R SPEDAG GROUP. Marketing dari M+R selalu melakukan visit dan meluangkan waktu untuk customernya, namun selisih dari customer nominasi dan Freehand sangat mencolok, yaitu customer nominasi lebih unggul daripada customer Freehand.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelayanan yang diberikan kepada customer M+R SPEDAG GROUP. Penulis juga mengidentifikasi pola komunikasi bisnis yang terjadi antara buyer atau customer kategori nominasi dan Freehand.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini ada 2 yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan cara melakukan wawancara dan observasi langsung terhadap  M+R SPEDAG GROUP, sedangkan data sekunder didapatkan dengan cara melakukan studi pustaka terhadap catatan, arsip, jurnal, skripsi dan tugas akhir penelitian sebelumnya. Tahapan teknik pengolahan atau analisis data menggunakan cara analisis komparatif dengan menggunakan indikator data sebagai perbandingannya.
Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui pelayanan yang dilakukan oleh M+R SPEDAG GROUP terhadap para customernya dan pola komunikasi bisnis yang dilakukan terhadap customer nominasi dan Freehand, sehingga penulis dapat memberikan saran terhadap masalah yang dihadapi ketika berkomunikasi dan cara meningkatkan customer Freehand.
Kata kunci: Customer Nominasi dan Freehand, Pelayanan, Komunikasi Bisnis, Hambatan Komunikasi

 

×
Penulis Utama : Ernandha Okta Afaf Plantacidha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3116014
Tahun : 2019
Judul : Pola komunikasi bisnis M+R Spedag Group dengan Buyer Nominasi Dan Freehand
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Diploma III Manajemen Perdagangan-F3116014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mulyadi Se,M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.