Penulis Utama : Rochim Yousofa
NIM / NIP : F3416049
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja, keterkaitan antar rasio Benchmark Behavioral Model serta bentuk ketidakwajaran pada laporan keuangan yang dilaporkan oleh perusahaan pada tahun 2017 yang akan digunakan untuk pemenuhan kewajiban perpajakan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan data laporan keuangan PT. X tahun 2017 sebagai data sekunder. Teknik pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Metode studi yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan analisis setiap pos-pos pada laporan keuangan dengan menggunakan rasio Benchmark Behavioral Model kemudian dilakukan interpretasi.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan dua pos laporan keuangan yaitu CTTOR dan Rasio PPN yang dinilai tidak wajar. Pada CTTOR hasil perhitungan rasio hanya menunjukkan 0,68’?ri penjualan bruto sebesar Rp63.519.814.697,00 padahal rasio CTTOR menunjukkan bahwa makin besar nilai CTTOR makin besar pula proporsi hasil penjualan perusahaan yang digunakan untuk membayar pajak penghasilan. Rasio PPN dinilai kurang wajar karena hasil perhitungan menunjukkan 0,043?ri penjualan bruto. Nilai tersebut sangat kecil apabila dibandingkan dengan penjualan yang dihasilkan, mengingat PT. X adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri plastik. Plastik merupakan Barang Kena Pajak (BKP) sehingga dari pembelian bahan baku, penyerahan, dan penjualan akan ditemukan aktivitas yang selalu berkaitan dengan PPN.
Penulis memberikan saran kepada perusahaan untuk memaksimalkan pos-pos pada laporan keuangan yang masih kurang agar kinerja perusahaan dapat maksimal. Sehingga setelah dilakukannya perhitungan dengan rasio  Benchmark Behavioral Model  perusahaan dapat melakukan evaluasi dan menentukan langkah efektif yang perlu diambil untuk memperbaiki pos-pos pada laporan keuangan sehingga tercapai tujuan yang diharapkan.

Kata Kunci: Benchmark Behavioral Model, ketidakwajaran, laporan keuangan

 

×
Penulis Utama : Rochim Yousofa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3416049
Tahun : 2019
Judul : Rasio Benchmark Behavioral Model Sebagai Alat Pengukur Kewajaran Laporan Keuangan Pada Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.DIII Perpajakan-F3416049-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Kusumaningdyah Adiati, S.E., M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.