Penulis Utama : Rima Agustina
NIM / NIP : E0015353
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara perjanjian pembiayaan kosumen yang dibuat oleh PT Bussan Auto Finance (BAF) dengan syarat-syarat perjanjian yang diatur dalam KUH Perdata dan mengetahui bagaimana penerapan asas-asas perjanjian dalam perjanjian pembiayaan konsumen tersebut.
Adapun untuk menganalisis permasalahan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode normatif dengan pendekatan yang digunakan melalui pendekatan undang-undang (statute approach). Teknik analisis bahan hukum yang digunakan dengan menggunakan metode silogisme yaitu dengan penggunaan metode deduksi yang bepangkal dari pengajuan premis mayor kemudian diajukan premis minor dan dari kemudian ditarik suatu kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjanjian pembiayaan konsumen PT Bussan Auto Finance (BAF) telah sesuai dengan syarat-syarat perjanjian dan sesuai dengan asas-asas perjanjian yang diatur dalam KUH Perdata. Adapun syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut: (1) Kesepakatan mereka yang mengikatkan diri, kesepakatan dapat dilihat melalui tanda tangan para pihak dalam perjanjian; (2) Kecakapan untuk membuat perikatan, para pihak wajib mencantumkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk membuktikan kecakapannya; (3) Suatu pokok persoalan tertentu, yakni mengenai pembiayaan sebuah kendaraan bermotor; (4) Suatu sebab yang tidak terlarang, pembiayaan yang dilakukan tersebut merupakan suatu sebab yang halal dan tidak bertentangan dengan undang-undang. Sedangkan  asas-asas yang terkandung dalam perjanjian tersebut yaitu asas kebebasan berkontrak, asas konsensualisme, asas kepastian hukum dan asas itikad baik. Karena telah sesuai dengan syarat sah perjanjian dan asas-asas dalam perjanjian maka perjanjian pembiayaan konsumen tersebut sah dan mengikat serta berlaku sebagai undang-undang bagi para pihak yang membuatnya.

Kata kunci: Perjanjian; Perjanjian Pembiayaan Konsumen; Perusahaan Pembiayaan

 

×
Penulis Utama : Rima Agustina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015353
Tahun : 2019
Judul : Tinjauan terhadap dokumen perjanjian pembiayaan konsumen PT. Bussan Auto Finance Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Prog studi Ilmu Hukum -E0015353-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ambar Budhisulistyawati, S.H., M.Hum.
2. Rahayu Subekti, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.