Penulis Utama : Tessa Seviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415059
Tahun : 2019
Judul : Pendidikan Calon Guru (Hoogere Kweekschool) di Magelang Tahun 1918-1932
Edisi :
Imprint : Surakarta - F Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS- F.Ilmu Budaya Jur. Sejarah -C1013025-2017
Subyek : KWEEKSCHOOL, GURU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tessa Seviana. B0415059. 2019. Pendidikan Calon Guru (Hoogere
Kweekschool) di Magelang Tahun 1918-1932. Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) Bagaimana latar belakang berdirinya Hoogere Kweekschool di Magelang; 2) Bagaimana pendirian Hoogere Kweekschool di Magelang dan sarana pendukungnya; 3) Bagaimana proses belajar mengajar yang ada pada Hoogere Kweekschool di Magelang.
Penelitian ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah yang mengungkapkan peristiwa masa lampau berdasar bukti-bukti sejarah yang ada,dengan beberapa langkah/tahap penelitian yaitu heuristik, kritik sumber,interpretasi data dan tahap terakhir yaitu Historiografi. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumen dan studi pustaka. Data kemudian ditulis berdasarkan tata cara penulisan sejarah.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa banyaknya sekolah rendah yang didirikan di setiap Karesidenan dan Kabupaten menyebabkan kurangnya tenaga pengajar. Pemerintah Kolonial mendirikan Kweekschool untuk memenuhi jumlah guru di sekolah rendah bumiputra. Dengan diterapkannya Politik Etis, pendidikan mengalami perbaikan terutama bagi kaum bumiputra. HoogereKweekschool didirikan oleh Pemerintah Kolonial untuk memenuhi kekurangan
guru yang dapat berbahasa Belanda. Terdapat tiga sekolah jenis ini di Hindia Belanda yang salah satunya didirikan di Magelang pada tahun 1918-an. Lulusan dari Hoogere Kweekschool akan mengajar di Hollands Inlandsche School.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendirian Hoogere Kweekschool di Magelang bertujuan untuk memenuhi kekurangan guru yang dapat menggunakan bahasa Belanda di Hindia Belanda. Berdirinya Hoogere Kweekschool di Magelang sebagai wujud adanya perhatian dari pemerintah terhadap pendidikan di wilayah Magelang yang dikenal sebagai daerah yang strategis. Pendirian sekolah ini tidak bisa dipisahkan dari adanya gedung sekolah,
guru, murid, kurikulum dan media pembelajaran sebagai pendukung berjalannya proses belajar mengajar.
 
Kata Kunci:  Kweekschool, Guru, Magelang.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
halaman awal.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
daftar pustaka.pdf
tessa.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Warto, M.Hum
2. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya