Penulis Utama : Meidina Woro Hapsari
NIM / NIP : F3216061
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendistribusian yang diterapkan oleh Perum Bulog Subdivre III Surakarta, kendala-kendala pada pendistribusian dan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala pada pendistribusian. Penelitian ini dilakukan di Pusat Distribusi Perum Bulog Subdivre III Surakarta yang berada di Jalan Adi Soemarmo No. 101 Ngabeyan, Kab. Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan narasumber Manajer Pusat Distribusi dan Staff Bagian Komersil Perum Bulog Subdivre III Surakarta.
Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Perum Bulog Subdivre III Surakarta dalam menyalurkan komoditi pangan kepada konsumen akhir menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Saluran distribusi langsung pada Perum Bulog Subdivre III Surakarta dilakukan melalui Lembaga atau Dinas, Katering, Hotel dan Pasar Murah. Sedangkan saluran distribusi tak langsung dilakukan melalui Ritel Modern, Toko/Agen/Pengecer, koperasi, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Rumah Pangan Kita (RPK). Dalam melakukan pendistribusian Perum Bulog Subdivre III Surakarta memiliki kendala-kendala antara lain: Keterjangkauan Jarak, Keterbatasan Sumber Daya Manusia, Persediaan Komoditi Pangan yang Masih Dalam Proses, Pre-Order yang Belum Terjadwalkan, Biaya Operasional yang Tinggi. Solusi yang diterapkan oleh Perum Bulog Subivre III Surakarta untuk mengatasi kendala-kendala pendistribusian seperti menentukan titik temu untuk menjangkau jarak, memperbaiki kinerja dan menambah sopir atau sumber daya manusia, memberikan infomasi mengenai persediaan dan jadwal kedatangan komoditi pangan, memasarkan komoditi pangan ke wilayah Surakarta dan memperluas jaringan.

Kata Kunci : Pendistribusian, Komoditi pangan.

 

×
Penulis Utama : Meidina Woro Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3216061
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi pendistribusian komoditi pangan pada perum bulog subdivre III Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran-F3216061-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.