Penulis Utama : Raka Aditya Dwi Wahyu Putra
NIM / NIP : F3216046
×

ABSTRAK

Setiap perusahaan memerlukan taktik pemasaran yang tepat dalam memasarkan produknya. Salah satu produk pada perusahaan PT. Aksara Solopos adalah Koran Harian Umum Solopos. Koran tersebut tidak hanya memuat tentang berita saja tetapi juga memberikan kesempatan perusahaan eksternal dalam mengenalkan produknya kepada khalayak umum melalui pemasangan iklan. Konsep yang terkait dengan taktik pemasaran adalah penentuan diferensiasi, marketing mix, dan selling. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis mengkhususkan pembahasannya pada topik iklan kuliner. Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran detail tentang penerapan taktik pemasaran yang dilakukan Harian Umum Solopos dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan kuliner, selain itu juga untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab penurunan jumlah pemasang iklan kuliner Harian Umum Solopos.
Sumber penelitian ini adalah staf iklan perusahaan Solopos dan beberapa pemasang iklan kuliner yang pernah dimuat Harian Umum Solopos. Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menggambarkan secara langsung taktik pemasaran apa saja yang diterapkan oleh Harian Umum Solopos dalam upaya meningkatkan jumlah pemasang iklan kuliner yang menurun dan untuk mengetahui faktor penyebab penurunan jumlah pemasang iklan kuliner. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi dan wawancara.
Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan yakni taktik pemasaran yang dilakukan oleh Harian Umum Solopos adalah dengan menyesuaikan komponen marketing mix sesuai perkembangan, taktik lainnya yaitu menetapkan konsumen yang dituju dan menciptakan hubungan penjualan dengan konsumen. Mengenai permasalahan jumlah pemasang iklan kuliner yang mengalami penurunan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab yang dominan berpengaruh adalah perubahan era media sosial yang beralih beriklan ke Instagram.
Kata kunci: Taktik Pemasaran, Bauran Pemasaran, Faktor Penyebab Penurunan Pemasang Iklan

 

×
Penulis Utama : Raka Aditya Dwi Wahyu Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3216046
Tahun : 2019
Judul : Penerapan taktik pemasaran harian umum Solopos melalui pemasangan iklan: usaha branding perusahaan kuliner
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran-F3216046-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, M.BA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.