Penulis Utama : Candra Reni Sartika
NIM / NIP : C9612004
×

ABSTRAK

Candra Reni Sartika. 2017, Kesulitan Belajar Bahasa Mandarin Dan Solusinya Pada Siswa Kelas 2 Program Internasional SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Universitas Sebelas Maret DIII Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Surakarta.

Penulisan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi pelajaran bahasa Mandarin di SDKKS sebagai mata pelajaran wajib di kelas Internasional maupun reguler. Sebagai mata pelajaran wajib, maka setiap siswa harus belajar bahasa Mandarin, selama penulis magang di SDKKKS penulis mengamati kesulitan-kesulitan yang dihadapi para siswa dalam belajar bahasa Mandarin, khususnya di kelas 2 Program Internasional. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa sajakah kesulitan belajar bahasa Mandarin di kelas 2 Program Internasional SDKKKS dan bagaimana solusi kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengatasi kesulitan belajar Bahasa Mandarin di kelas 2 Program Internasional SDKKKS yang sering dialami siswa kelas 2 Program Internasional SDKKKS.

Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa kelas 2 Program International SDKKKS yaitu, bagian mendengar sebanyak 54% siswa kesulitan membedakan sh% dangm? dan yùnm?. Pada bagian berbicara sebanyak 64% siswa mengalami kesulitan karena belum semua siswa paham menggunakan bahasa Mandarin dalam percakapan sehari-hari. Untuk bagian membaca sebanyak 64% siswa mengalami kesulitan karena keterbatasan jumlah kosakata yang siswa miliki. Sedangkan untuk bagian menulis sebanyak 60% kesulitan dialami karena siswa kesulitan memberi nada pada pinyin. Kemudian sebanyak 76% kesulitan siswa dalam bidang penerjemahan yaitu kosakata yang terbatas dan minimnya latihan menerjemah. Penulis memberikan beberapa saran solusi untuk tiap bagian pembelajaran bahasa Mandarin, seperti sering mendengarkan lagu berbahasa Mandarin, sering membaca teks pendek berbahasa Mandarin, dan lain-lain.

Kata kunci : kesulitan belajar, siswa kelas 2 SDKKS, solusi

×
Penulis Utama : Candra Reni Sartika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9612004
Tahun : 2017
Judul : Kesulitan belajar bahasa mandarin dan solusinya pada siswa kelas 2 program internasional SD Kristen Kalam Kudus Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Sastra Tionghoa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya - Prog. D3 Bahasa Mandarin - C9612004 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kristina Indah Setyo Rahayu, B. Ed. MTCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.