Penulis Utama : Shinta Dwi Herliyanti
NIM / NIP : K5615068
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan fisik melalui windows of trainability physical pada siswa bulutangkis usia 12-16 tahun di PB. Inti Badminton Club Klaten tahun 2019.
    Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengampilan sampel berdasarkan kriteria tertentu, dimana kriteria yang digunakan adalah atlet di PB. Inti Badminton Club (IBC) Klaten berusia 12-16 tahun, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 19 atlet.Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data terdiri atas 4 (empat) item tes, tes kekuatan otot lengan (push up), tes kecepatan (lari 30 meter), tes daya tahan (MFT), dan kelincahan (shadow 6 titik). Teknik analisis yang dilakukan adalah uji-t menggunakan SPSS 23.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada tes kekuatan otot lengan (push up) yakni sebesar 13.89% dibuktikan dengan uji statistik uji t berpasangan nilai probabilitas sebesar Jadi, dari hasil penelitian tes fisik melalui windows of trainability physical  pada siswa bulatangkis, bisa ditarik kesimpulan siswa mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga tes fisik melalui windows of trainability physical ini berpengaruh terhadap kemampuan fisik siswa bulutangkis usia 12 -16 tahun.

Kata Kunci : Membangun fisik, Atlet, Bulutangkis

×
Penulis Utama : Shinta Dwi Herliyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615068
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Latihan Fisik melalui Windows of Trainability Physical pada Siswa Bulutangkis Usia 12 – 16 Tahun di PB Inti Badminton Club Klaten Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5615068-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
2. Dr. Islahuzzaman Nuryadin, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.