Penulis Utama : Anharudin
NIM / NIP : K5615010
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V MI Muhamadiyah Kateguhan Kab. Boyolali tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus dengan setiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhamadiyah Kateguhan Kab. Boyolali tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari guru dan siswa, data hasil belajar lompat jauh diperoleh melalui 3 aspek yaitu : afektif, kognitif, dan psikomotor, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa didalam proses ketika mengikuti pembelajaran lompat jauh dengan mengunakan pendekatan bermain. Teknik analisis data yang di deskripsikan adalah secara deskriptif dengan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa. Data hasil belajar itu meliputi 3 aspek yaitu : afektif, kognitif, dan psikomotor dari 28 siswa Dalam kondisi awal siswa yang tuntas hanya 10 siswa yang mencapai KKM atau 37%, pada siklus 1 siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 siswa atau 67,8%, pada siklus 2 siswa yang tuntas kembali meningkat menjadi 23 siswa atau 82,1%. penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas V MI Muhamadiyah Kateguhan Kab. Boyolali tahun pelajaran 2018/2019, dalam meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V MI Muhamadiyah Kateguhan Kab. Boyolali tahun pelajaran 2018/2019.
Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V MI Muhamadiyah Kateguhan Kab. Boyolali tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Pendekatan Bermain, Hasil Belajar Lompat Jauh

×
Penulis Utama : Anharudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615010
Tahun : 2019
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V MI Muhamadiyah Kateguhan Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5615010-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanta, M.Pd.
2. Slamet Widodo, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.