Penulis Utama : Aditya Prima Wardana
NIM / NIP : G0014006
×

ABSTRAK

 

Aditya Prima Wardana. G0014006. 2018. Hubungan antara kecanduan smartphone  dengan  prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang: Smartphone adalah telepon yang memiliki beberapa varian sistem operasi yang dapat tersambung ke internet dan memiliki fungsi seperti komputer yang dapat berperan sebagai asisten pribadi, mencari berbagai informasi maupun pengalihan life stress, untuk berkomunikasi dan bermain game. Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan hubungan sosial, prestasi di sekolah atau kelangsungan bekerja. Salah satu penyebab gangguan prestasi akademik adalah prokrastinasi. Prokrastinasi akademik adalah suatu kecenderungan untuk melakukan penundaan terhadap tugas atau kewajiban yang bersifat akademik.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengukuran variabel bebas dan variabel terikat diukur satu kali dalam kesempatan yang sama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling  atau  pengambilan  sampel secara acak pada setiap tingkat. 

Hasil: Didapatkan angka koefisien korelasi sebesar 0.315 yang berarti terdapat hubungan yang lemah dan searah antara kedua variabel. Sedangkan untuk nilai signifikansi (2 ekor) pada output diatas didapatkan sebesar 0.000 (p < 0>smartphone  dengan  prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Simpulan: Ada hubungan yang bermakna secara statistik antara kecanduan smartphone  dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

 

Kata Kunci:  KECANDUAN SMARTPHONE, PROKRASTINASI AKADEMIK, MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

×
Penulis Utama : Aditya Prima Wardana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014006
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Kecanduan Smartphone dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAK. KEDOKTERAN - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. KEDOKTERAN JUR. KEDOKTERAN-G0014006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Munawaroh, dr., M.Med.Ed
2. Dhoni Akbar Gozali,dr.,M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.