Penulis Utama : Airin Anita Sari
NIM / NIP : F3114006
×

Abstrak
Latar belakang dari penulisan penelitian ini adalah keterlibatan pihak export broker pada PT. Kosoema Nandaputra yang belum diperhatikan perusahaan. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan pihak PT. Kosoema Nandaputra menyampaikan ada beberapa keuntungan dalam menggunakan jasa export broker tetapi disisi lain terdapat beberapa kerugian ataupun kelemahan.
 Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan opsi mana yang akan dipilih perusahaan antara memakai jasa export broker dan ekspor sendiri. Perbandingan dilakukan penulis dengan cara membandingkan komponen biaya dan membandingkan dengan penelitian terdahulu yang bertema perdagangan perantara yang mana akan lebih menguntungkan pihak perusahaan.
Metode yang penulis pakai pada penelitian ini adalah deskriptif yaitu penulis memberikan gambaran perbandingan informasi tentang objek yang penulis teliti yang mana akan lebih menguntungkan perusahan. Data yang penulis dapatkan ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Poin dari data primer   adalah diadakannya wawancara kepada pihak export broker, perusahaan Freight Forwader dan Shipping Company. Poin dari data sekunder yaitu didapat dari website shipping company guna memperjelas asumsi informasi yang penulis peroleh.  
Hasil penelitian ini adalah perbandingan harga dalam rangka ekspor antara ekspor menggunakan jasa export broker dan ekspor sendiri terdapat beberapa perbedaan, yaitu dari segi fee dan biaya proses pengiriman. Diambil dari beberapa penelitian terdahulu juga menunjukkan terdapat perbedaan keuntungan dan kerugian dalam menggunakan jasa export broker. Penggunaan export broker lebih banyak menimbulkan biaya dan resiko kehilangan pasar ekspor.
Kata Kunci : Export Broker, Keuntungan, Kerugian,  Perbandingan

Abstract
The background of this research is the involvement of export brokers at PT. Kosoema Nandaputra that has not been considered the company. Based on the interview that has been done by PT. Kosoema Nandaputra convey there are some advantages in using export broker services but on the other hand there are some disadvantages or weaknesses.
The aim of this study is to compare which option will be chosen by the company between export brokers and export services. Comparison of the author by comparing the component of cost sheet and compare with previous research that themed intermediary trades which will benefit the company.
The method that author using in this research is descriptive that author give comparison of information about object which will be more benefit for company. The data that the authors get there are two types of primary data and secondary data. Points from the primary data are from holding interviews to export brokers, Freight Forwaders and Shipping Company. Points of secondary data are from obtained from the shipping company website to clarify the assumptions of information the author obtained.
The results of this study is the comparison of prices in the framework of exports between exports using the services of export brokers and exports by the company there are some differences, namely in terms of fee and the cost of the process of delivery. Taken from some previous research also shows there are differences in profit and loss in using export broker services. The use of export brokers incurs more costs and risks of losing the export market.
Keywords: Export Broker, Profit, Loss, Comparison

 

×
Penulis Utama : Airin Anita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114006
Tahun : 2017
Judul : Analisis Perbandingan Ekspor Menggunakan Jasa Export Broker Pada PT. KOSOEMA NANDAPUTRA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Manajemen Perdagangan-F3114006 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E. M,Si.
Penguji :
Catatan Umum : Tidak ada surat pernyataan
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.