Penulis Utama : Istikhomah Nor Hidayah
NIM / NIP : F3314060
×

Abstrak
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penyampaian SPT melalui e-Filing di KPP Pratama Surakarta, untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan Wajib Pajak mengenai pelaporan SPT melalui e-Filing dan mengetahui tingkat kepatuhan Wajib Pajak khususnya Wajib Pajak Orang Pribadi dalam melaporkan SPT melalui e-Filing di KPP Pratama Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis data kuantitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan di tempat penelitian yaitu di KPP Pratama Surakarta, wawancara dengan fiskus dan kuesioner terhadap 50 Wajib Pajak Orang Pribadi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan penyampaian SPT melalui e-Filing di KPP Pratama Surakarta sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan dari tahun 2014-2016 Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan e-Filing selalu mengalami peningkatan. Selain itu, tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam melaporkan SPT melalui e-Filing di KPP Pratama Surakarta juga mengalami peningkatan pada tahun 2015 dan terjadi penurunan namun tidak begitu signifikan pada tahun 2016.
Dari hasil penelitian ini penulis memberi saran kepada KPP Pratama Surakarta supaya lebih mengoptimalkan sosialisasi baik secara langsung atau tidak langsung kepada Wajib Pajak, sehingga semakin banyak Wajib Pajak yang beralih menggunakan e-Filing dan dapat membantu mensukseskan  program Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui program e-Filing dalam meningkatkan kesadaran Wajib Pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya.

Kata kunci: e-Filing, SPT, KPP Pratama Surakarta

Abstract
The purposes of this research are to know the implementation of SPT notification using e-Filing in KPP Pratama Surakarta, to find how much taxpayers education about SPT reporting using e-Filing and to know obedience level taxpayers especially idividual taxpayers in reporting SPT using e-Filing in KPP Pratama Surakarta.
The methods of this research are quantitative data analysis method and descriptive through observation in KPP Pratama Surakarta, interviews with tax authorities and questionnaire toward 50 taxpayers.
The conclusions of this research are the implementation of notification  SPT using e-Filing in KPP Pratama Surakartaa is already based on Direktorat Jenderal Pajak (DJP) procedure. From the year 2014-2016, indiviual taxpayers that using e-Filing always increase. Besides, the level of compliance individual taxpayers in the  reporting of SPT using e-Filing in KPP Pratama Surakarta was increased in 2015 and decreased but not so significant in 2016.
Based on the result of research, the researcher give some suggestions to KPP Pratama Surakarta to optimize the socialization either direct or indirect to the taxpayers, so that more taxpayers use e-Filing and can succeed the Direktorat Jenderal Pajak (DJP) program by using e-Filing program in increasing the taxpayers consciousness in fulfill their tax.

Keywords: e-Filing, SPT, KPP Pratama Surakarta

 

×
Penulis Utama : Istikhomah Nor Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3314060
Tahun : 2017
Judul : Analisis Penyampaian Surat Pemberitahuan PPH Orang Pribadi Melalui E-Filing di KPP Pratama Surakarta Tahun 2014-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Akuntansi-F3314060 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Syafiqurrahman, S.E., M.M., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.