Penulis Utama : Marinda Mega Nurfitriani
NIM / NIP : S831508030
×

ABSTRAK

              Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik perangkat Subject Spesific Pedagogy berbasis Project Based Learning yang dikembangkan pada materi lingkungan kelas X SMA Negeri 4 Surakarta; mengetahui kelayakan perangkat Subject Spesific Pedagogy berbasis Project Based Learning yang dikembangkan pada materi lingkungan kelas X SMA Negeri 4 Surakarta; dan mengetahui efektivitas perangkat Subject Spesific Pedagogy berbasis Project Based Learning yang dikembangkan pada materi lingkungan kelas X SMA Negeri 4 Surakarta.

              Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pelaksanaan penelitian dan pengembangan menurut Thiagarajan, Semmel, & Semmel (1974), terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Define (pendefinisian); 2) Design (perencanaan); 3) Development (pengembangan); dan 4) Dissemination (penyebaran). Produk yang dihasilkan dalam penelitian adalah Subject Spesific Pedagogy (SSP) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi perubahan lingkungan kelas X KD 3.11. Desain yang digunakan dalam uji coba lapangan adalah posttest only control design. Desain uji coba menggunakan dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Kelompok pertama diberi perlakuan berupa SSP berbasis PjBL dan kelompok yang lain menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dibandingkan menggunakan independent t test dibantu SPSS.

              Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Karakteristik SSP berbasis PjBL pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah terdapat pada integrasi tahapan pembelajaran berbasis proyek dalam produk yang dihasilkan. Integrasi tahapan pembelajaran berbasis proyek yaitu terdiri dari tahap Start with the essential question, Design a plan for the project, Create a schedule Monitor the students and the progress of the project, Assess the outcome dan Evaluate the experience. 2) Pengembangan SSP berbasis PjBL yang meliputi Silabus, RPP, modul, LKS dan instrument penilaian telah melalui tahap validasi oleh ahli dan uji coba terbatas dan dinyatakan layak untuk digunakan. 3) Hasil uji t menunjukkan bahwa SSP berbasis PjBL pada materi lingkungan efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan siswa. Hasil yang didapatkan dari uji t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan literasi lingkungan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menghasilkan sig= 0,000 (<0>SSP berbasis Project Based Learning.

Kata kunci : literasi lingkungan, subject specific pedagogy, project-based learning

×
Penulis Utama : Marinda Mega Nurfitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831508030
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan subject specific pedagogy (ssp) berbasis project based learning (pjbl) pada materi lingkungan untuk meningkatkan environmental literacy siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS – Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Prodi. Magister Pend. Sains – S831508030 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si, M.Si., Ph.D.
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.