Penulis Utama : Stevan Alyoula Vieodi
NIM / NIP : F3114063
×

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa penanganan kasuzuke white melon yang tergolong perishable goods dengan open one door container merupakan cara yang tidak biasa dan sangat berisiko terjadi masalah ekspor. Peran freight forwarding sangat dibutuhkan untuk membantu pelaksanaan ekspor agar tidak terjadi masalah dalam proses jalannya ekspor.
Tujuan penelitian ini mengidentifikasi risiko-risiko yang terjadi pada penanganan fermentasi kasuzuke white melon dengan open one door container dan mitigasi risiko untuk mengatasi risiko tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.  Data yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi langsung proses open one door container dan alur ekspor kasuzuke white melon. Wawancara langsung dengan direktur utama dan bagian ekspor. Data sekunder yang diperoleh dari buku cetak, website resmi BPS dan jurnal ilmiah. Tahapan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data primer dan data sekunder. Data yang terkumpul kemudian akan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif untuk selanjutnya di deskripsikan ke dalam bentuk naratif.
Hasil dari penelitian meliputi risiko yang muncul dalam penanganan kasuzuke white melon dengan open one door container yaitu risiko pembayaran dan risiko pengiriman. Mitigasi risiko yang dilakukan meliputi identifikasi risiko, penyusunan manajemen risiko dan komunikasi risiko. Hasil dari mitigasi risiko akan muncul setelah semua mitigasi risiko dilakukan. Saran untuk PT Sun Lloyd yaitu perlu ditambahkan kesepakatan di kontrak perjanjian antara PT Sun Lloyd dan eksportir. PT Sun Lloyd juga harus meminta eksportir untuk membuat sales contract dengan importir yang menguntungkan kedua pihak. PT Sun Lloyd bisa meminta kepada eksportir agar PT Sun Lloyd bisa membuat keputusan sendiri yang lebih cepat lebih baik namun tetap berkoordinasi dengan eksportir.

Kata Kunci : Perishable goods, Full Container Load (FCL), risiko ekspor, mitigasi risiko, manajemen risiko ekspor.


Abstract
This research was based on internship study that handling kasuzuke white melon classified as perishable goods with open one door container is an unusual and very risky problems occur. It is needed the role of freight forwarding companies to assist the exports to avoid problems in the export process.
The purpose of this research is to identified risk that occur in the handling of kasuzuke white melon with open one door container and risk mitigation. The research method is descriptive qualitative. There are two data used in this research, they are primary and secondary data. The primary data been collected direct interview with president director and staff export of PT Sun Lloyd. The secondary data been collected from books, BPS official website and journal. After the data been collected then will be analyzed using descriptive analysis techniques and then described to the narrative.
The result of the research include risk handling kasuzuke white melon with open one door container mainly payment risk and shipment risk. Risk mitigation undertaken include risk identification, preparation of risk management and risk communication. PT Sun Lloyd should be add the agreement between the exporter and PT Sun Lloyd in the contract. PT Sun Lloyd also need to ask exporter to make sales contract with an importer that benefit both parties. PT Sun Lloyd may request to the exporter to be able to make their own decisions faster and better but still coordinate with exporter.

Keywords : Perishable goods, Full Container Load (FCL), export risk, risk mitigation, export risk management.

 

×
Penulis Utama : Stevan Alyoula Vieodi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114063
Tahun : 2017
Judul : Penanganan Muatan Full Container Load (Fcl) Komoditas Fermentasi Kasuzuke White Melon Dengan Open One Door Container (Studi Kasus PT Sun Lloyd)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Manajemen Perdagangan-F3114063 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mulyadi SE.,M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.