Penulis Utama : Bakher Nenotaek
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851708010
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kesulitan Guru dalam Proses Pembelajaran Matematika SMA di Kota Kupang dengan Menggunakan Kurikulum 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851708010-2019
Subyek : KESULITAN GURU, PEMBELAJARAN MATEMATIKA, KURIKULUM 2013
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami guru matematika kelas X sekolah menengah atas (SMA) di Kota Kupang dalam pembelajaran menggunakan kurikulum 2013. Penelitian ini  merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan dilakukan di SMA Negeri 2 Kupang dan SMA Negeri 4 Kupang. Subjek penelitian adalah guru matematika kelas X berjumlah lima (5) orang. Subjek dipilih dengan menggunakan teknik cuplikan bertujuan (purposive sampling) dengan pertimbangan subjek tersebut sudah mendapatkan pelatihan tentang kurikulum 2013 dan sudah menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Data kesulitan guru diperoleh melalui dokumentasi, wawancara dan observasi pada pembelajaran matematika kelas X SMA di Kota Kupang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan guru dalam persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang sesuai kurikulum 2013. Kesulitan guru dalam tahap persiapan pembelajaran yaitu kesulitan dalam mengembangkan indikator yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan  peserta  didik, kesulitan menentukan kata kerja operasional yang akan digunakan dalam indikator, kesulitan menentukan cakupan materi yang akan diajarkan dan kesulitan dalam membuat rubrik penilaian keterampilan dan kesulitan membuat pedoman penilaian sikap.
Kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik yaitu kesulitan membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran, kesulitan membuat peserta didik untuk aktif bertanya, kesulitan membuat peserta didik menemukan sendiri pengetahuannya, kesulitan menumbuhkan keberanian dan kemampuan berbahasa peserta didik yang baik dalam mengkomunikasikan hasil. Kesulitan guru dalam tahap penilaian yaitu kesulitan dalam penilaian sikap karena tidak adanya pedoman penilaian, kesulitan dalam melakukan penilaian antar peserta didik dan penilaian diri karena tidak adanya pedoman penilaian dan objektifitas penilaian yang masih diragukan, dan kesulitan penilaian keterampilan karena tidak adanya rubrik yang dibuat sebagai acuan penilaian.

Kata Kunci : kesulitan guru, pembelajaran matematika, kurikulum 2013

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Dr. Sri Subanti, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana