Penulis Utama : Atika Nurul Fatimah
NIM / NIP : F3614023
×

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi perkembangan pembiayaan Wirausaha iB Hasanah, faktor penyebab terjadinya risiko pembiayaan Wirausaha iB Hasanah, penerapan manajemen risiko, dan penangan pembiayaan bermasalah pada pembiayaan Wirausaha iB Hasanah  pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode penelitian analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview, observasi, dan studi pustaka.
Pertumbuhan pembiayaan Wirausaha iB Hasanah selama periode pengamatan ke 1 selalu mengalami penurunan. Bahkan penurunan pembiayaan ini sangat terpaut jauh dari tahun sebelumnya. Faktor- faktor penyebab terjadinya risiko pembiayaan Wirausaha iB Hasanah adalah risiko SDM (Sumber Daya Manusia) dan risiko operasional. Penyelesaian pembiayaan bermasalah pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta lebih baik dan menguntungkan nasabah jika dibandingkan dengan bank konvensional, hal ini berarti pembiayaan bank syariah lebih kompetitif jika dibandingkan kredit di bank konvensional.
Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta lebih meningkatkan strategi pemasaran pembiayaan Wirausaha iB Hasanah, agar pembiayaan tersebut dapat berkembang dengan baik setiap tahunnya. Pengembangan Sumber Daya Manusia lebih ditingkatkan lagi agar risiko pembiayaan yang muncul karena kesalahan manusia dapat diminimalisir.


Kata Kunci: Pembiayaan Wirausaha iB Hasanah, Manajemen Risiko, Penerapan Manajemen Risiko, Penyelesaian pembiayaan bermasalah

 

×
Penulis Utama : Atika Nurul Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614023
Tahun : 2017
Judul : Perkembangan, risiko pembiayaan, dan penyelesaian pembiayaan bermasalah wirausaha IB Hasanah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta periode 2012- 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Keuangan dan Perbankan-F3614023-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Yusuf Indra Purnama, S.E, M.Rech
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.