Penulis Utama : Bayu Setyoningsih
NIM / NIP : F3614028
×

ABSTRAK

Bank harus berperan penting untuk menedukasi masyarkat kelas menengah ke bawah tentang pentingnya akses keuangan seperti tabungan, atm dan layanan perbankan yang lainnya sangat penting untuk masa depan dan kemajuan usaha yang dimiliki. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan program inklusi keuangan kepada pedagang Pasar Tradisional Pasar Gede di Surakarta, cara mengedukasi Pedagang Pasar Tradisional tentang inklusi keuangan di Pasar Gede Surakarta dan untuk mengetahui pandangan tentang inklusi keuangan pada pedagang Pasar Tradisional Pasar Gede Kabupaten Surakarta.
Tempat pelaksanaan penelitian berada di Pasar Tradisional Pasar Gede  Kabupaten Surakarta. Untuk memperoleh data yang diperlukan lewat kuisioner  dalam penyusunan Tugas Akhir ini digunakan beberapa metode analisis pengumpulan data antara  lain : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, metode studi pustaka. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian yang mengetahui bahwa cara meningkatkan,mengedukasi dan pandangan tentang inklusi keuangan pada pedagang di pasar tradisional Pasar Gede Kabupaten Surakarta telah sesuai degan program perbankan dalam mengedukasi tentang program inklusi keuangan yang telah dilakukan pada pedagang Pasar Tradisional Pasar Gede di Surakarta perlu memperbaiki cara mengedukasi dan peningkatan tenbtang inklusi keuangan dilakukan kurang baik dikarenakan masih kurangnya pemahaman  pedagang di Pasar Gede.
Dari hasil penelitian tentang pandangan pedagang tentang inklusi keuangan sudah baik, karena pedagang banyak yg sudsah memiliki Bank. Tapi peningkatan dan edukasi yang dilakukan lembaga perbankan masih kurang baik karena masih kurangnya pemahaman masyarakat ataupun pedagang tentang inklusi keuangan, namun penulis memberikan  lternative antara lain cara meningkatkan inklusi keuangan,pemahaman masyarakat tentang inklusi keuangan dan cara mengedukasi pedagang di Pasar Tradisional Pasar Gede perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,serta memperbaiki program edukasi dan peningkatan yang lebih mendalam dan lebih baik lagi.

Kata kunci :Peningkatan dan Program Edukasi Inklusi Keuangan  Kepada Pedagang Pasar Gede

 

×
Penulis Utama : Bayu Setyoningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614028
Tahun : 2017
Judul : Inklusi keuangan kepada pedagang pasar tradisional Pasar Gede di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Keuangan dan Perbankan-F3614028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nugroho Saputro, SE, M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.