Penulis Utama : Rizky Nur Amalia
NIM / NIP : F3116046
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi rekanan EMKL (Trucking) terkait dengan Service and Safety yang akan menjadi acuan pada kinerja EMKL. Pada tahun 2013 PT Dan Liris menerima klaim sebanyak dua kali dari buyer yang sama berasal dari Melbourne, Australia. Klaim tersebut terkait dengan pengiriman barang yang sudah dilakukan oleh PT Dan Liris terhadap permintaan buyer di Australia yang sudah menjadi pelanggan dari produk perusahaan. Pada kasus ini ditemukan banyak karton yang hilang dan berserakan setelah kontainer sampai di tempat tujuan. Terjadinya kasus permasalahan ini berkaitan dengan kurangnya ketelitian perusahaan dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja EMKL.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh meliputi hasil wawancara langsung dengan kepala bagian shipping dan administrasi, staf bagian shipping dan ekspedisi PT Dan Liris. Data Sekunder yang diperoleh dari buku-buku terkait EMKL, Shipping, serta jurnal sebagai penunjang Tugas Akhir. Teknik analisis pada penelitian ini adalah eksploratif dengan menggali informasi dan disajikan dalam bentuk naratif. Peneliti menggali dan melakukan evaluasi terkait kasus kehilangan barang yang terjadi pada PT Dan Liris.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan harus memperhatikan terkait dengan kinerja yang diberikan EMKL terhadap PT Dan Liris. Evaluasi terhadap EMKL sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk menghindari/meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi pada saat proses pengiriman. Hasil dari penelitian ini adalah penulis memberikan saran untuk evaluasi EMKL dilakukan setiap kali pengiriman dengan tujuan agar penilaian lebih objektif dan dapat memonitor kinerja EMKL.
Kata kunci : Service and safety, EMKL, Evaluasi.

 

×
Penulis Utama : Rizky Nur Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3116046
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi service and safety pt dan liris terhadap rekanan emkl (trucking)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Diploma III Manajemen Perdagangan-F3116046-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lely Ratwianingsih, Se, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.