Penulis Utama : Fania Nur Azizah
NIM / NIP : K6415020
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui faktor yang menyebabkan ketidakdisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2018/2019 dan (2) Mengetahui strategi yang dipakai oleh  guru PPKn melalui pembiasaan dalam rangka penguatan disiplin (civic disposision) siswa di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan dokumen. Teknik sampling menggunaan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian (1) Faktor yang mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2018/2019 meliputi: Faktor eksternal yaitu (a) Kurangnya perhatian dari orang tua siswa; (b) Sebagian guru yang kurang tegas dan kurang disiplin; (c) Tidak berjalannya buku saku di sekolah; (d) Sidak kepala sekolah yang jarang dilakukan; (e) Ajakan teman sebaya untuk melakukan pelanggaran di sekolah; (f) Pelajaran di dalam kelas yang kurang menarik. Kemudian faktor internal yaitu kurangnya motivasi diri dalam penerapan kedisiplinan di sekolah. (2) Strategi guru PPKn melalui pembiasaan dalam rangka penguatan disiplin (civic disposition) siswa di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2018/2019 meliputi: Pertama, tahap perencanaan pembelajaran di RPP yang mencantumkan karakter disiplin. Kedua, tahap pelaksanaan karakter kedisiplinan melalui pembiasaan di dalam kelas. Ketiga,  tahap evaluasi pembelajaran melalui penilaian sikap sosial siswa.

Kata Kunci: Strategi, Pembiasaan, Disiplin, Civic Disposition, PPKn

 

×
Penulis Utama : Fania Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415020
Tahun : 2019
Judul : Strategi guru PPKN melalui pembiasaan dalam rangka penguatan disiplin (civic disposition) siswa di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2018/ 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Ppkn-K6415020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rima Vien Permata H., SH., MH.
2. Dr. Winarno, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.