Penulis Utama : Rizqi Karima
NIM / NIP : K6415050
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui strategi Lagu Anti Galau dalam membangun kesadaran berkonstitusi meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran PPKn, (2) mengetahui pembelajaran melalui media Lagu Anti Galau dalam mencapai tujuan pembelajaran pada Kompetensi Dasar 3.2 Kelas X
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana peneliti mendeskripsikan suatu objek atau fenomena dalam suatu tulisan yang bersifat naratif dengan desain penelititan studi kasus tunggal holistik. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, analisis dokumen, dan angket kesadaran peserta didik. Teknik validitas data menggunakan teknik trianggulasi data dan metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Milles dan Hubbermen yang meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Prosedur penelitian menggunakan langkah persiapan, pengumpulan data, analisis data dan penyusunan laporan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru PPKn merancang strategi pembelajaran KD 3.2 kelas X melalui media Lagu Anti Galau untuk membangun kesadaran berkonstitusi peserta didik yang meliputi perumusan tujuan pembalajaran, penentuan topik pembelajaran, perencanaan kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, (2) Penggunaan Media Lagu “Dolanan Konstitusi Gaul dan Unik” (Anti Galau) dalam kegiatan pembelajaran belum mampu mencapai tujuan pembelajaran KD 3.2 kelas X.

Kata kunci: strategi pembelajaran, media Lagu Anti Galau, kesadaran berkonstitusi

 

×
Penulis Utama : Rizqi Karima
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415050
Tahun : 2019
Judul : Strategi pembelajaran ppkn dalam membangun kesadaran berkonstitusi peserta didik melalui lagu anti galau (studi di SMA Negeri 4 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pancaila dan Kewarganegaraan-K6415050-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, SH., KN., MPd.
2. Drs. Machmud Al Rasyid, SH.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.