Penulis Utama : Siti Robingatun
NIM / NIP : K7114171
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model experiential learning dalam peningkatan keterampilan menulis puisi, (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan model experiential learning pada siswa kelas V SD, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model experiential learning dalam peningkatan keterampilan menulis puisi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus, pada siklus satu dan dua terdiri dari dua pertemuan, dan siklus tiga terdiri dari satu pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Banjurpasar tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) langkah penerapan model experiential learning dalam peningkatan keterampilan menulis puisi yaitu: (a) concrete experience (pengalaman nyata), (b) reflection observation (observasi refleksi), (c) abstract conceptualization (penyusunan konsep abstrak), dan (d) active experimentation (eksperimen aktif); (2) penerapan model experiential learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi yang dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siklus I= 59,82%, siklus II= 79,17%, siklus III= 100%; dan (3) kendala penerapan model experiential learning dalam peningkatan keterampilan menulis puisi yaitu: (a) penerapan langkah pertama kurang optimal, (b) siswa kurang aktif dalam berpendapat, dan (c) siswa kurang percaya diri dalam menulis puisinya, solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) memaksimalkan langkah pertama, (b) memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif, dan (c) memberikan simulasi menulis puisi dan dorongan kepada siswa.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan experiential learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi.

Kata Kunci: Model Experiential Learning. Keterampilan Menulis Puisi

×
Penulis Utama : Siti Robingatun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114171
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Experiential Learning dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SDN 2 Banjurpasar Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7114171-2019
Kata Kunci : Model Experiential Learning. Keterampilan Menulis Puisi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd
2. Moh. Salimi, S.Pd.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.