Penulis Utama : Haidar Abdurrahman
NIM / NIP : F3114031
×

ABSTRAK

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui standar produk furniture di Eropa, bagaimana penerapannya, dan manfaat yang sudah didapatkan UD. Surya Abadi  Furniture.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif,  dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan staff dan karyawan perusahaan, dan observasi terhadap proses standarisasi.
Hasil penelitian yang didapat menunjukan 11 poin standar yang sering diminta buyer Eropa, seperti bahan baku kayu legal, dokumen Certifikat Of Origin (COO), ukurannya sama dengan yang dipesan, suhu kelembaban kayu (MC) standarnya adalah 12%, bentuk atau jenis produk sama dengan yang dipesan, kerataan kayu harus sesuai dengan yang ada pada model, sertifikat bebas penyakit, corak warna sesuai   model,  uji  ketahanan,  bahan  pembungkus  yang kuat,  dokumen  Flegt. Meskipun  secara  keseluruhan  dapat  dilaksanakan  dengan  baik,  akan  tetapi terdapat beberapa kendala dalam prosesnya. Manfaat yang paling terlihat dengan melakukan standarisasi adalah tidak adanya pengembalian produk oleh buyer.
Saran yang dapat diberikan kepada UD. Surya Abadi Furniture yaitu memberikan perhatian yang lebih terhadap setiap karyawan yang belum mengerti dengan standarisasi produk dan memantau dengan teliti setiap standar yang sudah diminta oleh buyer Eropa dan dijadikan sebagai salah satu strategi dalam pemasaran dan penawaran produk terhadap buyer Eropa


Kata kunci: standarisasi, produk furniture, ekspor Eropa

 

×
Penulis Utama : Haidar Abdurrahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114031
Tahun : 2017
Judul : Penerapan standarisasi produk furniture untuk pangsa ekspor Eropa pada UD. Surya Abadi Furniture
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Manajemen Perdagangan-F3114031-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.