Penulis Utama : Herlambang Huda Haidar
NIM / NIP : F3614053
×

ABSTRAK

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk (1) mengetahui layak tidaknya pengajuan kredit oleh calon debitur melalui analisa kredit, (2) mengetahui prosedur pencairan kredit, dan (3) mengetahui kendala yang dihadapi saat proses analisa dan pencairan kredit di PT. BPR Adipura Santosa Surakarta. Analisa kredit sendiri memiliki tujuan utama membuat keputusan kredit yang baik dan benar sehingga terhindar dari keputusan kredit yang keliru sehingga dapat menyebabkan kredit bermasalah.                        
Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan data yang berasal dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang didapat langsung dari sumbernya melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan hasilnya dicatat sendiri tanpa melalui perantara pihak lainnya. Sedangkan data sekunder merupakan data-data dari perusahaan dan studi kepustakaan yang dijadikan sebagai sumber data.    
Hasil penulisan tugas akhir ini menunjukkan bahwa (1) sebelum memberikan kredit kepada calon debitur, terlebih dahulu dilakukan analisa kredit menggunakan prinsip 5 C serta menggali informasi calon debitur melalui SID (Sistem Informasi Debitur) dan Bank Checking, (2) debitur yang layak mendapatkan kredit dapat memberikan jaminan berupa SHM (Surat Hak Milik) atau BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), melengkapi persyaratan kemudian mengikuti prosedur pencairan kredit yang telah ditetapkan PT. BPR Adipura Santosa, dan (3) kendala yang dialami saat melakukan survei dan melaksanakan proses pencairan diantaranya penyesuaian jadwal survei dengan calon debitur dan pemalsuan info data yang dilakukan oleh calon debitur.

Kata Kunci: Kelayakan Kredit, BPR Adipura Santosa, Evaluasi, Prinsip 5 C.

 

×
Penulis Utama : Herlambang Huda Haidar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614053
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi penilaian kelayakan pemberian kredit di PT. BPR Adipura Santosa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Keuangan dan Perbankan-F3614053-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Ismoyowati, SE, M.Ec, dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.