Penulis Utama : Mustika Puspita Sari
NIM / NIP : K8114042
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia 5-6 tahun melalui cooking class. Subjek penelitian adalah anak kelas B1 TK MTA Polokarto dengan jumlah siswa 16 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dau siklus, dengan rincian setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Uji validitas kuantitatif menggunakan triangulasi konstruk sedangkan kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada keterampilan menyimak yaitu presentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 31,25%, siklus I sebesar 50%, dan siklus II sebesar 81,25%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan keberhasilan anak dalam menjawab pertanyaan, menceritakan kembali serta melaksanakan perintah berurutan. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan cooking class dapat meningkatkan keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci : keterampilan menyimak, cooking class, anak usia 5-6 tahun

×
Penulis Utama : Mustika Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114042
Tahun : 2019
Judul : Penerapan cooking class sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8114042-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi.,M.A
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.