Penulis Utama : Nugraheni Nur Istiqomah
NIM / NIP : R0016075
×

Latar Belakang : PT. Jhonlin Baratama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kontraktor pertambangan dimana pekerjanya terutama para driver memiliki potensi tinggi mengalami kelelahan kerja/fatigue. Oleh karena itu penerapan manajemen fatigue sangat diperlukan perusahaan untuk mencegah terjadinya sesuatu hal yang dapat mengakibatkan kerugian baik perusahaan maupun pekerja..

Metode : Penelitian ini berupa penelitian deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan program manajemen fatigue di PT. Jhonlin Baratama site Sungai Dua, Kalimantan Selatan dan kemudian dibahas serta dianalisis dengan teori terkait kelelahan kerja yang ada.

Hasil : Perusahaan telah berupaya untuk mengendalikan dan mencegah kelelahan kerja  pada  pekerja  dengan  menerapkan  program  manajemen  fatigue.  Program tersebut  dilaksanakan  oleh  tim  yang  terdiri  dari  beberapa  pihak  yaitu  HSE, paramedis, pengawas lapangan, dan owner (PT. Arutmin Indonesia). Program manajemen  fatigue  yang  ada  di  perusahaaan  antara  lain  Kampanye,  peringatan fatigue, senam rutin, ceklist fatigue monitoring, sidak fatigue, pembagian shift kerja, menyediakan tempat beristirahat dengan memberikan kenyamanan kasur didalam kabin dan kontainer.

Simpulan : Perusahaan telah melaksanakan program manajemen fatigue dalam rangka untuk mengendalikan kelelahan kerja. Secara keseluruhan menurut penulis sudah  sesuai  dengan  peraturan  namun  dalam  pelaksanaan  senam  rutin,  inspeksi tandon air dan penggunaan busa pada kursi driver masih diperlukan tindakan koreksi dan perbaikan lebih lanjut.

Kata Kunci : Management fatigue program, kecelakaan

×
Penulis Utama : Nugraheni Nur Istiqomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016075
Tahun : 2019
Judul : Penerapan management fatigue program sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di bagian hauling PT. Jhonlin Baratama Site Sungai Dua, Kalimantan Selatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016075-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Rachmawati, S.ST., M.Si
2. M. Nur Dewi Karika, S.ST., M. Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.