Penulis Utama : Oku Kurniatul Sodhiqoh
NIM / NIP : K8115046
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui gymnastic activities pada anak kelompok B TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 14 anak, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dengan cara unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian  tindakan kelas ini menunjukkan  bahwa melalui gymnastic activities, anak dapat meloncat sejauh 1 meter sebagai turunan dari aspek kelenturan, melompat setinggi 40cm sebagai turunan dari aspek keseimbangan, dan berlari secara zig-zag sebagai turunan dari aspek kelincahan. Hal tersebut membuktikan bahwa gymnastic activities dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Pelita 1 Mudal Boyolali.
Keseluruhan peningkatan persentase ketuntasan kecerdasan kinestetik anak secara klasikal  setelah diterapkan gymnastic activities adalah sebesar 35,71%. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui gymnastic activities dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK Pelita 1 Mudal Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Temuan lain dari penerapan gymnastic activities adalah adanya peningkatan pada aspek sosial emosional anak.

Kata Kunci: kecerdasan kinestetik, gymnastic activities, anak usia dini

×
Penulis Utama : Oku Kurniatul Sodhiqoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115046
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan kecerdasan kinestetik melalui Gymnastic Activities pada anak kelompok B TK PELITA 1 Mudal Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8115046-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny Indrastoeti Siti P M.Pd
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas S.Psi., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.