Penulis Utama : Saraswati Dyah Rakasiwi
NIM / NIP : K8115056
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku prososial pada anak berdasarkan budaya yang ada yaitu budaya Jawa, Arab dan Tionghoa. Perbedaan nilai dari budaya tersebut akan menghasilkan perrilaku prososial yyang berbeda. Perilaku prososial adalah perilaku yang dapat menguntungkan orang lain seperti menolong, kedermawanan, empati, kerjasama dll. Perilaku prososial yang tinggi ditandai dengan anak dapat mengekspresikan kasih sayang dengan menghibur atau menyenangkan seseorang dalam kesusahan sedangkan perilaku prososial anak yang renah ditandai dengan anak yang belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, belum bisa bekerja sama, dan masih merasa canggung dengan teman bermainnnya.
Penelitian ini merupakan penelitian komparatif untuk membandingkan perilaku prososial anak dari budaya tersebut. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berasal dari Gugus Srikandi 5 dan Gugus Ester yang berjumlah  anak 200 anak. Sampel penelitian ini berjumlah 98 anak dengan teknik pengabilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data  menggunakan data menggunakan kuisioner. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan pendapat ahli dan uji rehabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s dengan bantuan SPSS 17 for windows untuk mengetahui kestabilan pada instrument. Teknik analisis data  yang digunakan adalah Anova (analysis of variances).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji Anova diperoleh F hitung 2,587 dengan nilai signifikansi sebsar 0,081 > 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan perilaku prososial pada anak dari budaya Jawa, Arab dan Tionghoa. Tidak adanya perbedaan tersebut disebakan karena budaya yang diamati masih dalam satu daerah yang sama, adanya akulturasi serta terdapat nilai nilai yang sama antar budaya.

Kata kunci: Prososial, budaya, nilai

×
Penulis Utama : Saraswati Dyah Rakasiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115056
Tahun : 2019
Judul : Diversifikasi budaya pada perilaku prososial anak: Jawa, Arab dan Tionghoa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8115056-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Munif S, S.Pd.I., M.A
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.