Penulis Utama : Rahmadita Handariwi
NIM / NIP : R0215084
×

Abstrak

Latar Belakang : PT. Surya Abadi Garment Karanganyar merupakan salah satu industri   tekstil   yang   berada   di   Kabupaten   Karanganyar.   Salah   satu   alur produksinya adalah sewing atau menjahit. Di perusahaan tersebut menerapkan chain flow management diman pekerja bekerja sama dalam membuat satu pakaian jadi. Pekerjaan tersebut dituntut untuk berkonsentrasi, jika tidak fokus maka pekerja lainnya juga terhambat. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsentrasi seseorang adalah kecukupan air minum, ditambah tempat kerja yang panas menyebabkan seseorang mudah mengalami dehidrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan tekanan panas dan status hidrasi dengan tingkat konsentrasi pada pekerja bagian sewing di PT. Surya Abadi Garment.

Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian sewing di PT. Surya Abadi Garment Karanganyar sebanyak 34 orang. Sampel yang digunakan berjumlah 34 orang. Teknik sampling menggunakan total sampling. Pengumpulan data dengan pengukuran indeks suhu basah dan bola ISBB untuk mengukur tekanan panas, berat jenis urin (BJU) untuk mengukur status hidrasi dan grid concentration exercise untuk mengukur konsentrasi seseorang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Spearman Rank.

Hasil : Hasil uji statistik dengan uji korelasi  Spearman  Rank untuk  menguji hubungan tekanan panas dengan konsentrasi diperoleh p= 0,065 dan r= 0,320 yang menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tekanan panas dengan konsentrasi. Hasil uji statistik dengan uji korelasi Spearman Rank untuk menguji hubungan status hidrasi dengan konsentrasi diperoleh p= 0,015 dan r= - 0,413 yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dengan kekuatan korelasi kuat dan arah korelasi negatif.

Kesimpulan : Tidak ada hubungan tekanan panas dengan tingkat konsentrasi pada pekerja bagian sewing di PT. Surya Abadi Garment. Ada hubungan status hidrasi dengan tingkat konsentrasi pada pekerja bagian sewing di PT. Surya Abadi Garment.

Kata Kunci : Tekanan Panas, Status Hidrasi, Konsentrasi, Tekstil

×
Penulis Utama : Rahmadita Handariwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215084
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Tekanan Panas dan Status Hidrasi dengan Tingkat Konsentrasi pada Pekerja Bagian Sewing di PT Surya Abadi Garment
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIII Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215084-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita W, S.K.M.,M.Sc.
2. Vitri Widyaningsih, dr.,MS.,Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.