Penulis Utama : Rafid Dharmawan Cahya Kusuma
NIM / NIP : F3516048
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi cuti pekerja, prosedur cuti serta permasalahan yang timbul akibat adanya cuti kerja pada Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (Bank BRI) Kantor Cabang Sudirman Surakarta.
Teknik pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yang jenis datanya dibagi menjadi dua yakni, data primer didapatkan menggunakan metode wawancara dengan Divisi Sumber Daya Manusia dan Sekretaris di PT Bank BRI Kantor Cabang Sudirman Surakarta. Data Sekunder didapatkan dengan memeriksa data dari instansi berupa Surat Keputusan Tentang Cuti.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu pelakasanaan cuti di Bank BRI Kantor Cabang Sudirman Surakarta sudah sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan dan Surat Keputusan Tentang Cuti.
Kesimpulan dari penelitian mengenai efisiensi cuti pada Bank BRI Kantor Cabang Sudirman Surakarta sudah cukup efisien karena prosedurnya sudah menggunakan sistem yang berbasis online. Namun, dalam pelaksanaanya masih terdapat permasalahan yaitu kekosongan posisi yang timbul akibat adanya cuti yang dilakukan pekerja.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, peneliti menyarankan agar dilakukan pelatihan terahadap semua pekerja khusunya yang berkaitan dengan pelayanan pelanggan (front office) di Bank BRI Kantor Cabang Sudirman Surakarta sehingga kegiatan pelayanan nasabah tetap berjalan walau ada karyawan front office yang melaksanakan cuti kerja. Selain itu Bank BRI Kanor Cabang Sudirman juga dapat mengoptimalkan penggunaan mesin ATM setor tunai sehinngga sebagian nasabah dapat melakukan transaksi di mesin ATM setor tunai. Bank BRI Kantor Cabang Sudirman Surakarta juga dapat mengenalkan tentang penggunaan aplikasi BRIMO atau mobile banking BRI sehingga kegiatan perbankan dapat diakses secara online.

Kata Kunci : Cuti Kerja, Metode Deskriptif

×
Penulis Utama : Rafid Dharmawan Cahya Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3516048
Tahun : 2019
Judul : Efisiensi Cuti Pekerja pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Sudirman Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3516048-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tastaftiyan Risfandy, S.E., M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.