Penulis Utama : Yovi Nurfala
NIM / NIP : F3516062
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peran Gudang Perum BULOG Cabang Grogol Sukoharjo pada kegiatan pendistribusian beras di program Rastra (Beras Sejahtera) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Dari perbandingan ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai perbedaan peran Perum BULOG pada kegiatan distribusi di program Rastra dan BPNT.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang memberikan gambaran secara sistematis dengan menggunakan objek yang diteliti. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari data-data perusahaan.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peran Gudang Perum BULOG Cabang Grogol Sukoharjo pada kegiatan pendistribusian beras di program bantuan sosial Rastra dan BPNT mengalami penurunan peran setelah dihapuskannya program bantuan sosial Rastra. Pada program bansos Rastra Gudang Perum BULOG Grogol merupakan satu-satunya penyuplai beras untuk disalurkan ke KPM (Keluarga Penerima Manfaat), sedangkan pada program BPNT Gudang Perum BULOG hanya menjadi penyalur dari tiga E-warong dan disandingkan dengan penyalur dari pihak swasta. dilihat dari segi proses penyaluran beras pada program Rastra Perum BULOG Grogol menyalurkan beras dari Gudang sampai ke Titik Distribusi (TD) sedangkan pada program BPNT Gudang Perum BULOG Grogol menyalurkan beras dari Gudang sampai ke E-warong yang telah ditentukan yang membuat kegiatan Gudang Perum BULOG menurun. Macam dan jenis komoditas yang disalurkan pada kedua program tersebut juga berbeda yaitu Beras dengan kualitas medium sejumlah 10 kg untuk program Rastra sedangkan untuk program BPNT 1 kg Telur dan 8 kg Beras dengan total harga Rp 110.000/KPM yang disesuaikan dengan harga di pasaran.

Kata Kunci : Distribusi, Bahan Pangan Beras Rastra, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), KPM (Keluarga Penerima Manfaat)

×
Penulis Utama : Yovi Nurfala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3516062
Tahun : 2019
Judul : Analisis Perbandingan Kegiatan Pendistribusian Beras pada Program Rastra dan BPNT Gudang Perum Bulog Cabang Grogol Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3516062-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suryandari Istiqomah, S.E.,M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.