Penulis Utama : Ahmad Syarif
NIM / NIP : S961508001
×

Salah satu komplikasi CKD adalah anemia. Penyebab utama anemia yaitu defisiensi eritropoietin. Penatalaksanaan anemia dapat diberikan ESA. Inflamasi kronis merupakan penyebab tersering terjadinya resistensi ESA. CRP merupakan penanda inflamasi  yang dapat dipercaya. NLR berkorelasi positif dengan CRP, dapat dihitung dengan mudah dari hasil pemeriksaan darah lengkap.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai Neutrophil Lymphocyte Ratio dengan kadar Hemoglobin dan Hematokrit pada pemberian eritropoietin  Pasien  CKD  5  CAPD  di  unit  Hemodialisa  RS  Dr.  Moewardi Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian Kohort Prospektif dengan subjek penelitian 15 orang pasien CKD 5 CAPD yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok dengan nilai NLR normal dan NLR tinggi. Tiap kelompok dilakukan pemeriksaan sampel darah rutin dengan diff count pada bulan pertama dan pada bulan kedua diambil sampel dararah rutin. Kemudian akan dibandingkan dan di analisa statistik menggunakan uji shapiro-wilk (untuk sampel <50>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pasien CKD dengan NLR < 3> 3,5 (tinggi) setelah pemberian eritropoetin bulan kedua ada penurunan hemoglobin rata-rata sebesar -0,44 dan penurunan hematokrit rata- rata sebesar -2,36.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara neutrophil lymphosit ratio dengan kadar hemoglobin pada pemberian eritropoetin pasien CKD 5 CAPD. (r =-0,567; p=0,027) dan terdapat hubungan yang signifikan antara neutrophil lymphosit ratio dengan kadar hemoglobin pada pemberian eritropoetin pasien CKD 5 CAPD.  (r =-0,558; p=0,031).

 

 

×
Penulis Utama : Ahmad Syarif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961508001
Tahun : 2019
Judul : Hubungan antara nilai neutrophil lymphocyte ratio dengan kadar hemoglobin dan hematokrit pada pemberian eritropoietin pasien chronic Kidney disease 5 continous ambulatory peritoneal dialysis
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokeran - 2019
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran-Prog. Studi lmu Penyakit Dalam-S961508001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wachid Putranto, dr., Sp.PD., KGH., FINASIM.
2. Paulus Kusnanto, dr., SpPD-KGEH, FINASIM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.