Penulis Utama : Pangestika Ratna Karindra
NIM / NIP : I8314051
×

Abstrak


PT Semen Gresik Pabrik Tuban berlokasi di Desa Sumber Arum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban Jawa Timur. Saat ini, PT Semen Gresik Pabrik Tuban memproduksi semen dengan kapasitas total 15 juta ton/tahun, meliputi empat plant yaitu Tuban 1, Tuban 2, Tuban 3, dan Tuban 4. Pabrik Tuban memproduksi Pozzolan Portland Cement (PPC) dengan kapasitas 10,5 juta ton/tahun, sedangkan Ordinary Portland Cement (OPC) dengan kapasitas 4,5 juta ton/tahun.
Bahan baku yang digunakan berupa batu kapur, tanah liat, pasir silika, copper slag, gypsum, trass, dan fly ash. Batu kapur dan tanah liat didapat dari tambang yang terletak di daerah Sumber Arum, Pongpongan. Pasir silica didatangkan dari Tuban dan Madura. Gypsum dari PT Smelting Gresik, limbah pabrik Petrokimia Gresik dan Tanjung Jati Jepara. Kegiatan produksi rata-rata 329 hari/tahun. Kebutuhan spesifik bahan baku untuk membuat 1 ton terak dibutukan 1,7 ton bahan baku, diantaranya 1,45 ton mix material, 0,18 ton batu kapur (high grade), 0,06 ton copper slag, dan 0,02 ton pasir silica. Untuk membuat semen jenis OPC digunakan bahan baku batu kapur, tanah liat, copper slag, gypsum dan fly ash. Sedangkan untuk membuat semen PPC digunakan bahan tambahan berupa trass. Bahan bakar utama yang digunakan adalah batubara, Industrial Diesel Oil (IDO) dan sekam sebagai alternatif fuel.
Secara garis besar proses pembuatan semen dibagi menjadi lima tahap, yaitu penyimpanan bahan baku, penggilingan bahan mentah, pembakaran, pengilingan akhir, dan pengemasan. Keseluruhan proses menggunakan proses kering.
Untuk menunjang kelancaran produksinya PT Semen Gresik Pabrik Tuban dilengkapi dengan Seksi Utilitas yang  bertugas dalam hal penyediaan air, penyediaan udara tekan, penyediaan listrik, dan penyediaan bahanbakar. Kebutuhan utilitas dalam kurun waktu satu tahun diantaranya, kebutuhan air permukaan 1,3 juta m3/tahun dan air bawah tanah 330 m3/tahun, kebutuhan listrik sebesar 95 kW/ton semen dengan daya 96 MVA, kebutuhan bahan bakar padat spesifik batu bara dan sekam padi 0,2 ton/ton terak.
Untuk menjaga kelestarian lingkungan maka PT Semen Gresik Pabrik Tuban melakukan pengolahan limbah dan mengatasi pencemaran udara karena debu dengan memasang Elektrostatik Presipitator danBag Filter.
Untuk menjaga kualitas semen dan mengawasi kualitas bahan baku, PT Semen Gresik Pabrik Tuban dilengkapi dengan Seksi Pengendalian Proses dan Seksi Jaminan Mutu yang terdiri dari Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, dan Laboratorium X-ray.

 

×
Penulis Utama : Pangestika Ratna Karindra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8314051
Tahun : 2017
Judul : Pabrik Semen Pt Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Kimia-I8314051-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng Agus Purwanto, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.