Penulis Utama : Anditya Gilang Prakoso
NIM / NIP : E0014024
×

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pengawalan dan pengamanan dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) kejaksaan Negeri Klaten dalam pelaksanaan penggunaan dana desa Klaten dan apa saja kendala yang dihadapi oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Klaten. Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum empiris atau non-doctrinal research. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa undang-undang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan studi kepustakaan dari bahan hukum yang berkaitan dengan penelitian serta data-data yang didapatkan dari pengamatan di lapangan dan wawancara .
    Hasil penelitian ini menunjukan peran TP4D Kejaksaan Negeri Klaten dalam pelaksanaan penggunaan dana desa Kabupaten Klaten meliputi Pencegahan/preventif dan persuasif berupa penerangan dan penyuluhan hukum, identifikasi masalah, dan sekolah perangkat desa. Pendampingan hukum berupa progam jaksa bina desa. Koordinasi dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan/atau instansi terkait identifikasi masalah dan bila ada penyimpangan dalam pengelolaan dana desa. Monitoring dan Evaluasi secara acak untuk mengetahui apakah dalam pengelolaan dana desa ada masalah atau tidak. Serta penegakan hukum represif apabila ditemukan pelanggaran dan bukti yang cukup dalam pengelolaan dana desa. Kendala TP4D Kejaksaan Negeri Klaten dalam pelaksanaan penggunaan dana desa meliputi keterbatasan SDM pemerintah desa seperti terkendala sistem penginputan dana desa yang serba online dan pemerintah desa masih buta akan aturan terkait dana desa. Kendala dari kejaksaan yaitu keterbatasan personel kejaksaan dalam mengcover semua desa di Klaten, dan juga keterbatasan anggaran kejaksaan.
Kata Kunci: Dana Desa, TP4D, Kejaksaan

×
Penulis Utama : Anditya Gilang Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014024
Tahun : 2018
Judul : Peran tim pengawal dan pengaman pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D) kejaksaan negeri klaten dalam pelaksanaan penggunaan dana desa kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum-E0014024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suranto S.H., M.H
2. Achmad S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.