Penulis Utama : Sri Devi Yanti
NIM / NIP : F3614093
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kredit ritel dan komersial bermasalah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kanca Solo Slamet Riyadi tahun 2016. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kanca Solo Slamet Riyadi dalam menyelesaikan kredit ritel dan komersial bermasalah pada tahun 2016.
Objek yang diambil dalam penelitian ini adalah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Kanca Solo Slamet Riyadi, yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No. 236, Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu mengambil obyek tertentu. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, yang berkaitan dengan analisis penanganan kredit ritel dan komersial yang bermasalah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kanca Solo Slamet Riyadi tahun 2016. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka.
Dalam memberikan fasilitas kredit, risiko kerugian sebagian bersumber pada kegiatan tersebut sehingga menyebabkan kredit bermasalah. Banyak faktor yang menyebabkan kredit bermasalah. Faktor tersebut dapat berasal dari nasabah itu sendiri, intern kreditur ataupun pihak lain. Pada penelitian ini data yang diambil adalah data kredit bermasalah pada tahun 2016. Salah satu akibat dari risiko kredit bermasalah adalah menyebabkan tingginya nilai Non Performing Loan (NPL) pada suatu bank. Presentase Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah pada tahun 2016, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanca Solo Slamet Riyadi bulan Januari sebesar 6,33%, bulan     April sebesar 9,10%, bulan Agustus sebesar 4,92% dan bulan Desember sebesar 2,02%. Semakin tinggi nilai Non Performing Loan (NPL) maka semakin besar pula risiko kredit yang ditanggung oleh pihak bank. Sehingga dalam menyelesaikan kredit bermasalah pihak PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kanca Solo Slamet Riyadi  melakukan Restrukturisasi kredit. Oleh karena itu, saran dari penelitian ini adalah perlunya ketelitian yang lebih dalam memberikan kredit kepada calon debitur serta melakukan pembinaan kredit secara rutin untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah atau macet.


Kata kunci : Penanganan Kredit Ritel dan Komersial

 

×
Penulis Utama : Sri Devi Yanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614093
Tahun : 2017
Judul : Analisis penanganan kredit ritel dan komersial yang bermasalah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kanca Solo Slamet Riyadi tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Keuangan dan Perbankan-F3614093-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.