Penulis Utama : Tiara Yanri Hapsari
NIM / NIP : H0813169
×

ABSTRAK

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya alam terkaya  di  dunia.  Sumber  kekayaan  tersebut  salah  satunya  adalah  TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang banyak dibudidayakan karena khasiatnya. Indonesia berpotensi mengembangkan TOGA yang berkualitas optimal, tetapi belum dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan masyarakat. TOGA memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan, mempertahankan stamina, dan mengobati penyakit.  Lemahnya daya beli  masyarakat dan melambungnya harga obat-obatan modern memaksa masyarakat dan pemerintah mencari upaya mengatasi keadaan yang memprihatinkan ini dengan cara kembali pada trend back to nature (kembali ke alam). Lokasi penelitian di Klaster Biofarmaka Sumber Makmur, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam usaha pengembangan TOGA di Klaster Biofarmaka Sumber Makmur,   Kabupaten Karanganyar.
Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik studi kasus. Penelitian  ini  melibatkan  18  key  informan  yang  ditentukan  secara  puposive dengan metode snowball sampling. Penentuan key informan dilakukan dengan pertimbangan bahwa mereka mengetahui kondisi lapang. Jenis sumber data yang digunakan  adalah  data  primer  dan  data  sekunder.  Teknik  pengumpulan  data adalah dengan observasi, wawancara, pencatatan, dan dokumenasi. Alat analisis data yang digunakan adalah IFE, EFE, Matriks SWOT, dan QSPM.
Hasil penelitian menunjukkan berhasil diidentifikasinya kondisi internal (kekuatan dan kelemahan) dan kondisi eksternal (peluang dan ancaman) pengembangan TOGA di Klaster Biofarmaka Sumber Makmur. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan 8 (delapan) alternatif strategi menggunakan Matriks SWOT, yaitu peningkatan kapasitas produksi TOGA dalam rangka memenuhi permintaan konsumen, peningkatan diversikasi produk berupa pupuk dan pakan ternak dalam rangka memanfaatkan limbah, pembinaan mindset petani dalam rangka meningkatkan komitmen petani TOGA terhadap Klaster Biofarmaka Sumber Makmur, peningkatan kemampuan inovasi dan teknologi produksi, peningkatan promosi secara kontinyu dengan periklanan dan  personal selling, peningkatan kualitas produk dalam rangka meningkatkan daya saing, menjalin hubungan kemitraan dengan pengepul besar yang terkoordinasi dan terintegrasi dengan baik, dan  peningkatan  interaksi  antar  stakeholder  agar  berjalan  sinergis.  Prioritas strategi berdasarkan QSPM diperolah skor 5,5932 adalah peningkatan diversikasi produk berupa pupuk dan pakan ternak dalam rangka memanfaatkan limbah.

 

×
Penulis Utama : Tiara Yanri Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813169
Tahun : 2017
Judul : Strategi pengembangan tanaman obat keluarga (TOGA) (Studi kasus di Klaster Biofarmaka Sumber Makmur Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agribisnis-H0813169-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nuning Setyowati, S.P, M.Sc.
2. R.R. Aulia Qonita, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.