Penulis Utama : Mia Ambarwati
NIM / NIP : B0115038
×

Masalah yang dibahas dalam penelitian antologi Cerkak Kluwung ini (1) Bagaimana unsur  yang membangun lima judul  cerkak dalam antologi Cerkak Kluwung karya Nono Warnono berdasarkan teori struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi); (2) Bagaimanakah aspek kepribadian tokoh dalam lima judul cerkak pada AntologiCerkak Kluwung karya  Nono  Warnono  berdasarkan  teori  Carl  Gustav  Jung?;  (3)  Bagaimana perilaku agresivitas tokoh dalam lima cerkak yang terdapat pada antologi Cerkak Kluwung karya Nono Warnono?
Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mendeskripsikan unsur yang membangun lima judul cerkak pada Antologi Cerkak Kluwung karya Nono Warnono berdasarkan teori struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi); (2) Mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh dalam lima cerkak yang terdapat pada Antologi Cerkak Kluwung karya Nono Warnono berdasarkan teori Carl Gustav Jung; (3) Mendeskripsikan perilaku agresivitas tokoh  yang terdapat dalam Antologi  Cerkak Kluwung karya Nono Warnono.
Landasan teori penelitian ini adalah pengertian cerpen, pendekatan struktural Robert Stanton yang terdiri dari fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi), pendekatan psikologi sastra dan kepribadian Carl Gustav Jung yang terdiri dari alam kesadaran dan alam ketidaksadaran, teori agresi.
Bentuk   penelitian   adalah   penelitian   sastra   yang   bersifat   deskriptif kualitatif. Sumber data berupa Antologi Cerkak Kluwung karya Nono Warnono. Data penelitian berupa teks lima cerkak dalam Antologi Cerkak Kluwung. Teknik pengumpulan  data dalam penelitian ini menggunakan teknik  content  analysis. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil  analisis  penelitian  ini:  (1) secara  keseluruhan  lima  cerkak  karya Nono Warnono menunjukkan satu-kesatuan yang utuh antara unsur yang satu dengan yang lain; (2) berdasarkan kajian psikologi sastra lima Cerkak Kluwung mengungkapkan kejiwaan para tokohnya yang memiliki berbagai masalah dalam hidup dan psikologi analitik berperan penting menjalankan struktur kepribadian dan   struktur   ketidaksadaran;   (3)   ditinjau   dari   perilaku   agresinya   dapat disimpulkan bahwa perilaku agresi ditunjukkan untuk mencelakakan individu lain yang dilakukan dengan sengaja dan didasarkan atas faktor-faktor tertentu.

Kata Kunci : Antologi Cerkak Kluwung, Psikologi Sastra, Perilaku Agresi

×
Penulis Utama : Mia Ambarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115038
Tahun : 2019
Judul : Agresivitas tokoh dalam lima judul Cerkak Kluwung karya Nono Warnono (kajian psikologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Daerah-B0115038-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu W.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.