Penulis Utama : Rochman Hadi Mustofa
NIM / NIP : S991702012
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.) Pengaruh langsung antara persepsi kebijakan publikasi perguruan tinggi terhadap motivasi, dukungan lingkungan akademik, dan kualitas publikasi mahasiswa; 2.) Pengaruh langsung antara status sosial ekonomi terhadap motivasi, dukungan lingkungan akademik, dan kualitas publikasi mahasiswa; 3.) Pengaruh tidak langsung antara persepsi kebijakan publikasi perguruan tinggi terhadap kualitas publikasi ditinjau dari motivasi; 4.) Pengaruh tidak langsung antara status sosial ekonomi terhadap kualitas publikasi ditinjau dari dukungan lingkungan akademik.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program magister kependidikan pascasarjana Universitas Sebelas Maret yang sudah atau sedang dalam proses publikasi ilmiah. Sampel penelitian berjumlah 242 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, data diuji menggunakan pilot testing (uji validitas dan reliabilitas) serta uji asumsi yang digunakan adalah multikolinearitas. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kebijakan publikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas publikasi. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas publikasi adalah motivasi. Secara keseluruhan, hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1.) Persepsi kebijakan publikasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan lingkungan akademik, namun tidak signifikan terhadap kualitas publikasi; 2.) Status sosial ekonomi berpengaruh signifikan terhadap motivasi, lingkungan akademik dan kualitas publikasi mahasiswa; 3.) Hubungan tidak langsung antara persepsi kebijakan publikasi terhadap kualitas publikasi melalui motivasi bernilai signifikan; 4.) Hubungan tidak langsung antara status sosial ekonomi terhadap kualitas publikasi melalui lingkungan akademik bernilai tidak signifikan. Penelitian ini berimplikasi bahwa untuk meningkatkan kualitas publikasi mahasiswa, perlu disertai dengan membuat program yang mampu meningkatkan motivasi mereka. Pada saat motivasi meningkat, kualitas publikasi juga akan meningkat.

Kata  Kunci:  Persepsi  Kebijakan  Publikasi,  Status  Sosial  Ekonomi,  Motivasi, Dukungan Lingkungan Akademik, Kualitas Publikasi

×
Penulis Utama : Rochman Hadi Mustofa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991702012
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh persepsi kebijakan publikasi dan sosial ekonomi terhadap kualitas publikasi mahasiswa ditinjau dari motivasi dan lingkungan akademik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Pendidikan Ekonomi-S991702012-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S
2. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.