Penulis Utama : Uswatun Khasanah
NIM / NIP : B0115056
×

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana struktur cerita dalam naskah ketoprak Katresnan ing Candhi Sewukarya Bondan Nusantara berdasarkan teori analisis drama dan teater Soediro Satoto; (2) Bagaimana resistensi dan pertahanan tokoh berdasarkan teori resistensi dan pertahanan Sigmund Freud; (3) Bagaimana makna dan nilai keteguhan tokoh Jonggrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar, Kemudian menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk tinjauan lebih lanjut.
Tujuan Penelitian ini antara lain : (1) mendeskripsikan unsur struktural yang membangun naskah ketoprak Katresnan ing Candhi Sewukarya Bondan Nusantara berdasarkan teori drama dan teater Soediro Satoto; (2) mendeskripsikan bentuk resistensi dan pertahanan tokoh  berdasarkan teori resistensi dan pertahanan Sigmund Freud; (3) mengungkapkan makna dan nilai keteguhan tokoh Jonggrang. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu menjadi pengetahuan dalam gambaran sebuah model pendekatan terhadap penelitian karya sastra.
Landasan teori penelitian ini adalah pengertian drama, teori struktural dari Soediro Satoto yang terdiri dari tema, amanat, alur, penokohan, konflik, cakapan. Dan teori psikologi sastra dengan teori resistensi dan pertahanan dari Sigmund Freud.
Bentuk penelitian ini adalah sastra dengan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah naskah ketoprak Katresnan ing Candhi Sewukarya Bondan Nusantara yang dipentaskan oleh siswa SMP Kristen 1 Klaten pada Festival Ketoprak Pelajar di aula SD Kristen 3 Klaten pada tahun 2017 dan penulis naskah yaitu Bondan Nusantara. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi struktur drama sertaresistensi dan pertahanan tokoh.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi dan teknik wawancara dengan pengarang yaitu Bondan Nusantara.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu : (1) secara keseluruhan analisis struktural naskah ketoprak Katresnan ing Candhi Sewukarya Bondan Nusantara menunjukkan satu kesatuan yang utuh antara unsur yang satu dengan yang lain; (2) berdasarkan tinjauan psikologi sastra naskah ketoprak Katresnan ing Candhi Sewu mengungkapkan resistensi dan pertahanan para tokohnya yang memiliki berbagai masalah dalam hidup dimana pertahanan sangat berperan penting dalam melindungi diri; (3) ditinjau dari makna dan nilai, naskah ketoprak Katresnan ing Candhi Sewu karya Bondan Nusantara adalah tentang sebuah keteguhan dalam perjuangan bela negara dan keberanian mengatakan kebenaran tokoh wanita yang bernama Jonggrang.

Kata Kunci : Naskah Ketoprak Katresnan ing Candhi Sewu, Psikologi Sastra

×
Penulis Utama : Uswatun Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115056
Tahun : 2019
Judul : Resistensi dan pertahanan tokoh dalam naskah ketoprak Katresnan ing Candhi Sewu karya Bondan Nusantara (tinjauan psikologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Daerah-B0115056-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.