Penulis Utama : Hannif Purwo Prayogo
NIM / NIP : K4213036
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis wangsalan dan kualitas hasil keterampilan menulis wangsalan siswa dengan menerapkan model Make a Match dan Macromedia Unity pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan  dalam  dua  siklus.  Tiap  siklus  terdiri  atas  4  tahapan,   yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triagulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripif komparatif dan analisis kritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Make a Match dan Macromedia Unity dapat meningkatkan  kualitas proses pembelajaran menulis wangsalan dan kualitas hasil keterampilan menulis wangsalan pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan  hasil pada saat pratindakan hingga siklus II. Pada saat pratindakan rata- rata kualitas proses pembelajaran hanya mendapatkan nilai 2,25, lalu pada siklus I mengalami peningkatan  menjadi 2,56, dan pada saat siklus  II meningkat lagi menjadi 3,29 atau sudah dalam kategori baik. Kualitas hasil keterampilan menulis wangsalan  siswa  juga  mengalami  peningkatan  serupa,  pada  saat  pratindakan siswa yang mendapat nilai di atas KKM hanya sebesar 11,11%, lalu pada saat siklus  I  meningkat  menjadi  55,56%,  dan  pada  saat  siklus  II  meningkat  lagi menjadi 77,78%.

Kata Kunci: Minat, Wangsalan, model Make a Match dan Macromedia Unity.

×
Penulis Utama : Hannif Purwo Prayogo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213036
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Minat dan Keterampilan Menulis Wangsalan dengan Model Make A Match dan Macromedia Unity pada Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sman 1 Ngemplak Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Bahasa Jawa-K4213036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd. M.Pd.,
2. Dr. Sumarwati, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.